Tek Berjalan


"DAFTAR ULANG MAHASISWA SECARA ONLINE, SELAIN DENGAN CARA INI DITOLAK"

PROGRAM PENELUSURAN MINAT & PRESTASI (PROGRAM P M D P ) TAHUN AJARAN 2011/2012

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU
AKPER DHARMA INSAN PONTIANAK
PROGRAM PENELUSURAN MINAT & PRESTASI
(PROGRAM  P M D P )
TAHUN AJARAN 2011/2012



I.                   LATAR BELAKANG
    
      Untuk menjaring calon mahasiswa berprestasi dan memiliki minat dan bakat yang besar untuk menjadi seorang perawat Profesional Pemula, maka institusi AKPER Dharma Insan menyelenggarakan seleksi melalui program Penelusuran Minat dan Prestasi ( PMDP ).

     Peserta yang mengikuti seleksi ini, tidak mengikuti test/ujian tertulis dan hanya memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan panitia penerimaan mahasiswa baru AKPER Dharma Insan, peserta tersebut telah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa, maka dengan demikian seluruh persayaratan yang telah ditetapkan panitia tidak dapat diganggu gugat atau ditawar lagi dan merupakan persyaratan mutlak.

     Seluruh keputusan panitia penerimaan mahasiswa baru Program Penelusuran Minat dan Prestasi ( PMDP ) tentang mahasiswa yang diterima tidak dapat diganggu gugat dan sepenuhnya menjadi kewenangan panitia penerimaan dengan memenuhi semua ketentuan yang telah ditetapkan.

     Kami menyampaikan informasi ini kepada para Pimpinan Yayasan/Kepala Sekolah dan Pejabat terkait yang menyelenggarakan Sekolah Menengah Umum dan Khusus ( Keperawatan ) agar dapat disebarluaskan kepada siswa/orangtua siswa yang berminat untuk menjadi Perawat Profesional Pemula, Terimakasih.


II.                WAKTU

1.      Waktu pelaksanaan seleksi ini dilakukan sebelum penerimaan mahasiswa baru program reguler  ( program reguler adalah yang menjalani test  tertulis ).

2.      Pengumuman peserta seleksi PMDP yang diterima, ditetapkan oleh panitia penerimaan mahasiswa baru AKPER Dharma Insan Pontianak.

3.      Pengumuman calon mahasiswa yang diterima dilaksanakan tanggal:                2  Juli 2011,  pengumuman dapat dilihat dipapan pengumuman kampus AKPER Dharma Insan atau sebelumnya peserta akan dihubungi via telepon.

Bagi calon mahasiswa yang DITERIMA melalui program PMDP, wajib datang pada tanggal pengumuman diatas, untuk melaporkan dirinya kepada bagian akademik dan bagian keuangan, jika tidak maka mahasiswa tersebut dinyatakan GUGUR.

III.             PERSYARATAN CALON

PERSYARATAN UMUM:

1.      Telah lulus SMA atau SMU  Jurusan IPA ( Saat mendaftar membawa photocopy ijazah yang dilegalisir atau bukti kelulusan ).

2.      Usia maksimal 25 tahun ( per tanggal 31 Agustus 2011 ).

3.      Tinggi badan minimal: ( Syarat Mutlak )
-          Laki-laki 155 cm
-          Perempuan 150 cm

4.      Tidak buta warna, baik partial maupun total.

5.      Tidak mengidap Hepatitis terutama Hepatitis B dan C

6.      Tidak mengalami gangguan pendengaran

Point 4 dan 6 dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter ( dokter          spesialis mata dan spesialis THT ) dan Point 5 bukti hasil pemeriksaan darah dari laboratorium yang dibawa pada saat mendaftar.

7.      Tidak cacat fisik, termasuk strabismus ( juling ), sumbing dan tidak lengkap/tidak simetris anggota badan atau anggota gerak lainnya yang dibuktikan dengan surat keterangan kesehatan dari dokter.

8.      Belum pernah menikah, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Gereja dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan yang dibuktikan dengan surat pernyataan yang dibuat oleh peserta test.

9.      Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.250.000.

10.  Membayar biaya prospektus Rp.10.000

11.  Biaya uji kesehatan, jika dinyatakan diterima:
·         Laki-laki, Rp. 100.000
·         Perempuan, Rp. 110.000


12.  Biaya Psikotes Rp.125.000

13.  Phasphoto terbaru berwarna ukuran 4x6 = 4 lembar, ukuran 2x3 = 2 lembar.

14.  Diutamakan peserta yang dari daerah/kabupaten.


PERSYARATAN  KHUSUS:

1.      Memiliki minat dan keinginan yang kuat untuk menjadi seorang perawat dengan membuat surat pernyataan yang ditandatangani dan diketahui oleh Orangtua, bermaterai Rp.6.000.

2.      Menyertakan rekomendasi dari Kepala Sekolah asal yang menyatakan tentang prestasi, peringkat selama Sekolah Menengah dan minat ybs untuk menjadi perawat.

3.      Tidak memiliki nilai 5 untuk semua mata ajar pada saat Sekolah Menengah sejak semester I sampai selesai Sekolah Menengah.

4.      Diutamakan calon yang termasuk dalam peringkat 5 besar pada tiap semester selama menjalani Sekolah Menengah, sesuai yang tertera pada raport atau jika peringkat tidak tertera pada raport, sesuai surat keterangan dari kepala sekolah Sekolah Menengah.

5.      Memiliki nilai minimal 7 (Tujuh) atau nilai yang lebih tinggi dari KKM    ( Kriteria Ketuntasan Minimal) sesuai KKM masing-masing sekolah sejak  semester I pada saat Sekolah Menengah, yaitu untuk mata pelajaran:
- Ilmu Pengetahuan Alam ( Fisika, Biologi, Kimia ).

- Matematika

- Bahasa Inggris

- Bahasa Indonesia

Point 2 dan 3 menyertakan raport asli dan photocopy yang dilegalisir sebanyak 3 rangkap.



6.      ALOKASI

     Mahasiswa yang akan diterima melalui sistem seleksi ini adalah sebanyak 10% dari jumlah mahasiswa yang akan diterima pada penerimaan mahasiswa program reguler.

     Jika jumlah peserta yang mendaftar program ini melebihi alokasi diatas, maka panitia akan membuat rangking nilai peserta dan yang dinyatakan diterima adalah yang masuk dalam 10% tersebut.


7.      BIAYA KULIAH DAN PERATURAN YANG BERLAKU

     Biaya kuliah dan aturan-aturan lain yang berlaku pada AKPER Dharma Insan setelah diterima dan selama menjadi mahasiswa pada AKPER Dharma Insan adalah sama dengan yang berlaku pada mahasiswa yang diterima pada program reguler.


8.      ATURAN LAIN

      Bagi mahasiswa yang tidak diterima melalui program PMDP ini dapat mendaftar kembali untuk mengikuti program reguler dengan membayar uang pendaftaran kembali dan tidak otomatis didaftarkan menjadi peserta test pada program reguler, jika tidak mendaftarkan diri  kembali dinyatakan GUGUR.








          Pontianak, 2 Mei  2011
               Direktur,                                                     Pudir I,






              Agustinus HS SKM.M.Kes                   Elisabeth Wahyu Savitri, S.Kep.Ners

Tidak ada komentar:

Posting Komentar