Tek Berjalan


"DAFTAR ULANG MAHASISWA SECARA ONLINE, SELAIN DENGAN CARA INI DITOLAK"

Akper Dharma Insan Dalam Tantangan Global


Akper Dharma Insan Dalam Tantangan Global


 Laurensius Daniel Agen, Pudir III Akper Dharma Insan
Civitas Akademika Akper Dharma Insan bercita-cita menjadi lembaga pendidikan representatif di Bumi Borneo. Lembaga pendidikan yang merupakan milik Keuskupan Agung Pontianak ini,semula adalah sebuah lembaga pendidikan setingkat SLTA yakni Sekolah Perawat Kesehatan yang kemudian dikonversikan menjadi Akper Dharma Insan Pontianak.
Memasuki usia ke sebelas tahun ini, cita-cita para pengurus dan seluruh civitasnya seiring tuntutan dan kebutuhan sumber daya kesehatan di Kalimantan Barat khususnya dan Indonesia umumnya dalam waktu relatif singkat akan menjadi STIKes dengan sejumlah prodi yang diyakini sebagai salah satu produk unggulan bagi upaya turut berpartisipasi membangun sumber daya kesehatan di Kalimantan Barat.
Kini persiapan menuju era baru dalam persektif global, Akper Dharma Insan sangat yakin mampu menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat serta bermanfaat bagi upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mewujudkan harapan itu, civitas akademika Akper Dharma Insan  terus berbenah diri baik pembenahan sarana fisik, fasilitas perkuliahan  maupun pembinaan kepada seluruh sumber daya manusia; seperti mengirim para dosen untuk studi, menyelenggarakan pelatihan baik di lingkungan kampus secara interent maupun pelatihan di sejumlah kampus mitra di pulau Jawa.

Usaha untuk mewujudkan Akper menjadi lembaga pendidikan representatif memang tidak mudah. Tetapi terbentang harapan dan cita-cita semua akan terwujud. Untuk mewujudkan harapan tersebut, civitas akademika Akper Dharma Insan senantiasa mengedepan kualitas disamping kuantitas agar memiliki kemampuan yang lebih dari masyarakat biasa karena kapasitasnya yang lebih intens berinteraksi dengan ilmu pengetahuan.
Melalui lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Akper Dharma Insan sepatutnya mampu mengaktualisasikan kompetensinya yang pada akhirnya dapat berkontribusi positif bagi permasalahan dan kesejahteraan bangsa.

Kini sedang disusun skala prioritas mulai dari yang bersifat makro hingga mikro yang dituang dalam Rencana Akademik (RKA) dengan mengacu pada acuan kebijakan umum tentang arah pengembangan Akper 2010 mengenai penting pemberdayaan di segala bidang. Termasuk program pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu  bentuk kepedulian civitas akademika Akper Dharma Insan kepada masyarakat di pulau Kalimantan ini.Sesuai dengan Visi Dan Misi Akper Dhrama Insan selalu optimis akan cita-cita untuk turut ambil bagian mencerdaskan kehidupan bangsa terutama dalam bidang kesehatan dan keperawatan. Hasil survey mengenai keberadaan Akper Dharma Insan yang dilakukan 2 tahun silam merupakan nilai plus mengapa Akper Dharma Insan diperlukan di Bumi Borneo ini.

Untuk menuju peringkat Akper Dharma Insan yang lebih baik sebagai lembaga pendidikan di bidang kesehatan, maka konsep manajemen pendidikan berbasis masyarakat merupakan pilihan untuk membangun dan meningkatkan mutu pendidikan bagi seluruh civitasnya.Memang harus diakui bahwa Akper Dharma Insan masih seumur jangun dalam dunia pendidikan. Akan tetapi, sebagai lembaga pendidikan berbasis masyarakat, lembaga pendidikan Akper Dharma Insan adalah pilihan masyarakat di Kalimantan Barat dalam upaya menelorkan sumber daya manusia yang handal sesuai bidangnya.
Dalam sudut pandang kepercayaan masyarakat, keberadaan Akper Dharma Insan bukan sekadar sebuah kampus atau tempat kuliah semata, tetapi terbentang harapan baru autput didayagunakan oleh masyarakat.
Para alumninya kini tersebar luas di 14 Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat. Malah ada alumninya yang bekerja di luar negeri, seperti di Jepang dan beberapa rumah sakit bertaraf internasional. Kebanggaan masyarakat merupakan tujuan lembaga ini di kelola dan di daya gunakan. Tidak salah banyak kalangan masyarakat menaruh harapan bagi generasi muda untuk kuliah di Kampus Akper Dharma Insan Pontianak. Setiap tahun ajaran, Akper Dharma Insan selalu kebanjiran colan mahasiswa. Dari 120 mahasiswa yang dapat ditampung, peserta test masuk mencapai 400-500 calon mahasiswa. Dari realita itu, maka menjadi kerinduan bagi Akper Dharma Insan untuk berbenah diri menjadikan STIKes terealisasi. Kini tinggal menunggu ijin saja. Sesuai dengan moto kepemilikan (keuskupan) “Kami datang bukan untuk di layani tetapi untuk melayani”. Ini bukan angan-angan, tetapi realita yang merupakan aspirasi masyarakat Kalbar. Dari aspek  fasilitas dan kapasitas, Akper Dharma Insan didukung oleh Rumah Sakit Santo Antonius yang merupakan kebanggaan masyarakat di Kalimantan Barat dan di bawah naungan Yayaswan Dharma Insan Pontianak. Mau kuliah di bidang kesehatan ? Akper Dharma Insan siap menampung.Frofisiat Akper Dharma Insan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar