Tek Berjalan


"DAFTAR ULANG MAHASISWA SECARA ONLINE, SELAIN DENGAN CARA INI DITOLAK"

PEDOMAN LAYANAN MAHASISWA




Pedoman Layanan Mahasiswa

Berbagai bentuk untuk setiap jenis pelayanan kepada mahasiswa:

No.
Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa
Bentuk kegiatan,
Pelaksanaan dan Hasilnya
(1)
(2)
(3)
1
Bimbingan dan Konseling
BentukLayanan:
Pelayanan bimbingan dan konseling dilakukan oleh Unit Layanan
bimbingan oleh PA Akper Dharma Insan.
Adapun bentuk layanan
yang diberikan adalah:
  1. Layanan Informasi
  2. Bimbingan PA
  3. Konsultasi Psikologi(Team Prikolog RS Khusus Kalbar)
  4. Pelatihan Berorganisasi
Mahasiswa dapat berinisiatif untuk memperoleh layanan , baik menyangkut masalah yang dihadapi maupun upaya untuk mengembangkan dirinya dengan jalan menemui Pengelola di Akper Dharma Insan untuk menentukan waktu memperoleh layanan. Apabila dinilai perlu Dosen Wali dapat mengusulkan pada Pengelola Unit Layanan Psikologi untuk memanggil anak walinya guna memperoleh pelayanan. Berdasarkan usulan dari Dosen Wali, orang tua maupun stake holder yang lain Pengelola Unit Layanan Psikologi dapat melakukan pemanggilan terhadap mahasiswa untuk memperoleh layanan konsultasi merupakan kegiatan pemberian treatment (perlakuan) khusus pada para mahasiswa yang bermasalah. Kasus yang ditangani sebagian besar merupakan masalah yang memerlukan penanganan khusus. untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
2
Minat dan bakat (ekstra kurikuler)
Bentuk Layanan
Akademi Keperawatan Dharma Insan menyediakan sarana untuk pengembangan minat dan bakan mahasiswa.Dalam hal ini melibatkan senat mahasiswa.Pengembangan minat dan bakat di Akper Dharma Insan dimulai pada semester 1 (mahasiswa baru) melalui mekanisme pembinaan mahasiswa baru. Mahasiswa baru tersebut diwajibkan untuk mengikuti satu jenis unit kegiatan mahasiswa. Pembinaan tersebut diselenggarakan selama 1(satu tahun).
Pembinaan untuk tahap berikutnya mahasiswa dapat menjadi pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa sesuai dengan minat dan bakatnya. Pada tahap ini, pengurus Organisasi Mahasiswa wajib menyampaikan rancangan program kerja yang akan dipresentasikan dihadapan para reviewer. Para pengurus organisasi mahasiswa dibekali dengan berbagai ketrampilan manajemen dan kepemimpinan melalui kegiatan Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tingkat Dasar dan LKMM Tingkat Menengah.
Dalam rangka menjamin terselenggaranya kegiatan mahasiswa yang berkualitas, dilakukan audit organisasi mahasiswa untuk seluruh organiasasi mahasiswa sebanyak 2 kali yaitu audit tengah dan akhir periode.
3
Pembinaan soft skills
Bentuk Layanan:
Pengembangan soft skills Akper Dharma Insan dilaksanakan melalui tiga jalur dimana setiap jalur memiliki berbagai bentuk kegiatan, sebagai berikut:

  1. Jalur mahasiswa terdapat kegiatan : sosialisasi kehidupan kampus (Harmoni), Identifikasi Minat dan Bakat Mahasiswa, super soft skills mentoring (SSM), pengembangan media suasana.
  2. Jalur Organisasi Mahasiswa (Ormawa) terdapat kegiatan: Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tingkat Dasar, LKMM Tingkat Menengah, Ormawa Expo, program Coop, program magang, dan Program Mahasiswa Wirausaha.
  3. Jalur Akademik: Hidden Curriculum, intra kurikulum dan pengembangan academic atmoshphere.
Dalam rangka pengembangan softskill di Akper Dharma Insan telah disusun Pedoman Pengembangan Softskills Mahasiswa sebagaimana dalam SK. Direktur. 0305/p.20000/09/09. Berdasarkan pedoman tersebut pengembangan softskill dilakukan melalui bidang akademik dan bidang kemahasiswaan. Melalui bidang kemahasiswaan telah dikembangkan disain dan program kegiatan ekstrakurikuler kepada mahasiswa mulai semester awal hingga semester akhir. Pengembangan di bidang kemahasiswaan diarahkan melalui pengembangan pada tingkat individu, kelompok dan mahasiswa secara keseluruhan. Melalui bidang akademik muatan softskill diintegrasikan secara eksplisit ke dalam beberapa mata kuliah seperti etika dan pengembangan kepribadian, etika bisnis, etika profesi dan kewirausahaan.
Pelaksanaan program pengembangan soft skills mahasiswa Akper Dharma Insan bersifat sistematis, komprehensif, interaktif dan berkesinambungan dimana pengembangan soft skill mahasiswa dilakukan secara bertahap mulai dari tahap pengenalan, tahap pertumbuhan dan tahap pendewasaan. Selain itu, program pengembangan soft skills di Akper Dharma Insan juga dilakukan melalui 3 jalur yaitu jalur mahasiswa, SeMa dan jalur akademik.
Berdasarkan profil lulusan yang telah ditentukan, hasil tracer study yang telah diperoleh serta diskusi mendalam, maka ditentukan bahwa atribut soft skills yang dikembangkan bagi Institusi adalah: (a) Disiplin, (b) Kerjasama, (c) Komunikasi. Adapun atribut soft skills yang dikembangkan oleh Prodi S1 Manajemen adalah (a) Penyelesaian Masalah, (b) Percaya Diri
4
Beasiswa
  1. Bentuk Layanan Beasiswa
Sampai saat ini Akper Dharma Insan belum menyelenggarakan bea siswa bantuan biaya kuliah.
Akper Dharma Insan sejauh ini baru memberikan bentuk pengharaan seperlunya.
Dalam waktu dekat atau sedang dijajaki bantuan biasiswa dari Kopertis

5
Kesehatan
1.Bentuklayanan.

Bentuk layanan yang diberikan berupa layanan pemberian konsultasi kesehatan, pemeriksaan, dan obat-obatan oleh dokter Rumah Sakit Santo Antonius
2.Pelaksanaan
Dokter atau pelayanan kesehatan rumah sakit Santo Antonius di Akper Dharma Insan, dan dokter yang ditunjuk oleh Akper Dharma Insan













6
Layanan bagi Mahasiswa untuk mencari Pekerjaan
  1. Job Preparation Program,
  2. Bentuk layanan: merupakan pembekalan bagi mahasiswa semester akhir untuk persiapan memasuki dunia kerja dengan materi: teknik dan motivasi (membuat lamaran kerja, personality improvement, memenangkan wawancara)
  3. Pelaksanaan ini dilakukan setiap semester bagi mahasiswa yang akan memprogram skripsi
  4. Layanan Konsultasi Karir:
  5. Bentuk Layanan: Konsultasi karir bagi mahasiswa yang baru lulus dan sedang menunggu wisuda (mahasiswa yang sedang mencari pekerjaan)
  6. Pelaksanaan Konsultasi karir bagi mahasiswa yang baru lulus dan sedang menunggu wisuda (mahasiswa yang sedang mencari pekerjaan)
  7. Hasil Kegiatan: Penyelesaian masalah-masalah yang terkait dengan persiapan dalam mencari pekerjaan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar