BAB I
PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG
Akademi Keperawatan Dharma Insan Pontianak adalah salah satu Akper
yang ada di Kalimantan Barat dengan status swasta, bernaung dibawah payung
Yayasan Dharma Insan Pontianak. Dasar hukumnya adalah SK : Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan RI
(Pusdiknakes) Nomor : HK.00.06.1.3.0504.
Secara geografis, Akper Dharma Insan terletak di
Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.
Sejak berdiri tahun 2000, Akper Dharma Insan
Pontianak menerima Mahasiswa/i 11 angkatan yang sebagian besar berasal dari
daerah pedalaman Kalimantan Barat.
Keberadaan Akper Dharma Insan Pontianak
dimaksudkan untuk lebih mendekatkan Akper dengan masyarakat, sehingga dapat
dijangkau baik dari segi jarak maupun ekonomi yang memungkinkan bagi putra
putri daerah untuk meningkatkan pengetahuannya.
Selain itu, Akper Dharma Insan juga dimaksudkan
untuk memenuhi kebutuhan tenaga keperawatan yang profesional di unit-unit
pelayanan kesehatan yang ada di bawah naungan Yayasan Dharma Insan dan
institusi lain yang memerlukan.
- VISI MISI
1.
VISI
Menghasilkan Ahli Madya Keperawatan
yang menjunjung tinggi sikap profesionalisme berdasarkan Cinta Kasih Kristiani.
- MISI
Untuk mencapai visi di atas, maka misinya adalah :
a. Meningkatkan kualitas dan kuantitas Pendidikan,
Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
b. Meningkatkan sumber daya tenaga Dosen baik
kualitas maupun kuantitas.
c. Meningkatkan sarana dan prasarana
penunjang pembelajaran yang sesuai kebuutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan
dan Tehnologi.
d. Mengembangkan kurikulum INSTITUSI YANG
SESUAI PROGRAM UNGGULAN.
e. Meningkatkan kesejahteraan pegawai yang
mampu meningkatkan kinerja secara efektif dan efisiensi kerja.
f. Meningkatkan hubungan kerjasama dengan
instansi terkait.
g. Sistem Rekruitmen calon yang berdasarkan
kemampuan intelektual, bakat, dan potensial melalui persaingan bebas.
h. Memperkenalkan dan menanamkan Cinta Kasih
Kristiani dalam pembinaan Mahasiswa.
- TUJUAN INSTITUSIONAL
Mendidik Mahasiswa melalui proses belajar menyelesaikan kurikulum
inti dan institusi, sehingga :
- Memiliki pengetahuan, ketrampilan dan sikap untuk melaksanakan Keperawatan profesional secara komprehensip.
- Memiliki motivasi untuk mengembangkan kepribadian dan sikap yang sesuai dengan etika profesi.
- Mengembangkan diri secara terus menerus untuk meningkatkan kemampuan profesional sesuai kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi.
- Memiliki
jiwa dan sikap pengabdian terhadap sesama dengan berlandaskan Cinta Kasih
Kristiani.
BAB II
PROFIL AKPER DHARMA INSAN PONTIANAK
- DATA UMUM
Kode Institusi
|
610220033S
|
Jenjang
|
JPTD-III
|
Jenis Institusi
|
AKPER
|
Nama Institusi
|
AKPER DHARMA INSAN
|
Alamat
|
JL. MERDEKA
|
Kabupaten/Kota
|
|
Provinsi
|
|
Kode Pos
|
78112
|
Nomor Telp./Fax
|
(0561) 733624/764259
|
Alamat Email
|
0
|
Nama Direktur
|
AGUSTINUS HS.,
SKM, M.Kes
|
Tgl. SK. Mulai Berlaku
|
9 – 12 - 2010
|
Status Pemilikan
|
Swasta
|
Tgl. SK. Pertama
|
25 – 2 – 2000
|
No. SK Pertama
|
HK.00.06.1.3.0504
|
Tgl.
|
1 – 6 – 2004
|
No. SK Terakhir
|
HK.00.06.1.4.2.01825
|
Strata Akreditasi
|
B
|
Nilai Akreditasi
|
80.6
|
Tgl.
|
16 – 9 – 2004
|
No. SK Akreditasi
|
HK.00.06.2.2.01914
|
Tgl . Alih
Kelola dari
Depkes ke DIKTI
|
2 – 3 - 2009
|
No. SK DIKTI
|
17/D/O/2009
|
- STRUKTUR ORGANISASI
SUSUNAN PENGELOLA
AKADEMI
KEPERAWATAN DHARMA INSAN PONTIANAK
DIREKTUR : AGUSTINUS HS., SKM, M.Kes
PEMBANTU DIREKTUR I : Ns. ELISABETH
WAHYU S, S.Kep
KABAG ADM. AKDEMIK : ELLY MARCE TITIHALAWA, SST
PEMBANTU DIREKTUR II : PELAPINA HERIANA, S.Kep.Ners
KABAG. ADM. UMUM & KEPEG. : SUTARSO,
SH
KABAG. KEUANGAN : HERONIUS, SE
KABAG. RT/LOGISTIK : YOHANES VIANY
KABAG.INFORMASI & TEKNOLOGI :
EXBERTUS, SH
PEMBANTU DIREKTUR III : LAURENSIUS
DENIEL, SKM
KABAG. ADM. KEMAHASISWAAN : VERONIKA HERAWATI,
S.KeP.Ners
C. SEJARAH SINGKAT
1. SPK DHARMA INSAN PONTIANAK.
Sekolah Perawat
Kesehatan Dharma Insan Pontianak adalah Lembaga Pendidikan dibidang Keperawatan milik Keuskupan Agung Pontianak,
yang dikelola oleh Yayasan Dharma Insan
Pontianak, didirikan pada bulan Juli 1984 dan mendapat ijin resmi dari
Departemen Kesehatan Republik Indonesia No. 109/KEP/DIKLAT/KES/84, tertanggal
18 Juli 1984.
Pada
tahun 1997 mendapat hasil Akreditasi Strata B (nilai 76.48) dari Kepala Pusat Pendidikan Tenaga
Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia .
Sehingga mendapat perpanjangan ijin penyelenggaraan SPK Dharma Insan Pontianak
selama 3 tahun dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia SK. NO.
HK.00.06.1.1.3158, tertanggal 29 September 1997
Pada tahun 1999 mendapat hasil Akreditasi Strata B
(nilai 88.36) dari Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Republik Indonesia . NO:HK.00.06.4.3.4089, tertanggal 14 Desember 1999.
Pada
tahun 2000 mendapat Ijin Penyelenggaraan Akademi Keperawatan (AKPER) Dharma Insan Pontianak berdasarkan Surat
Keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan
Republik Indonesia No: HK.00.06.1.3.0504, tertanggal 25 Pebruari 2000.
Pada
tahun 2004 mendapat hasil Akreditasi Strata B (nilai 80.6) dari Kepala Pusat
Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia No.
HK.00.06.2.2.01914, tertanggal 16 September 2004.
Alih kelola dari Depkes RI ke DIKTI
Kementerian Diknas Tahun 2009 dan SK DIKTI No. 17/D/O/2009.
2. AKADEMI KEPERAWATAN DHARMA INSAN PONTIANAK
Sesuai dengan Kebijaksanaan Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan, dalam rangka meningkatkan peran institusi
pendidikan kesehatan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya
dibidang kesehatan, maka mulai tahun ajaran 2000-2001, Yayasan Dharma Insan
Pontianak membuka Program Akademi Keperawatan (AKPER), dimaksud untuk memberi
kesempatan kepada para lulusan SMA untuk menjadi Perawat yang profesional.
Penyelenggaraan
program ini diharapkan dapat mengisi kebutuhan tenaga Perawat Profesional khususnya bagi institusi kesehatan dibawah
naungan Keuskupan Agung Pontianak dan Institusi lain baik Pemerintah maupun
Swasta yang ada di Kalimantan Barat maupun diluar Kalimantan Barat dari lulusan Akademi Keperawatan.
3. YAYASAN DHARMA INSAN
Yayasan Dharma Insan sebagai Pembina/Penanggung jawab Akademi
Keperawatan Dharma Insan, didirikan dengan tujuan membantu pemerintah RI dan
ikut berperan serta dalam pembangunan masyarakat seutuhnya dengan jalan :
1.
Melaksanakan karya pelayanan
kesehatan.
2. Menciptakan
tenaga pelayanan kesehatan profesional melalui lembaga pendidikan Akademi
Keperawatan.
Segala usaha yang dilakukan oleh Yayasan
dilaksanakan berdasarkan Iman Katolik dan Cinta Kasih Kristiani, oleh sebab itu
tugas Akademi Keperawatan Dharma Insan bukan saja mendidik tenaga
profesional tapi juga menumbuhkan
dedikasi yang tinggi dengan semangat pengabdian kepada sesama manusia.
LAMBANG AKADEMI KEPERAWATAN DHARMA INSAN PONTIANAK
KETERANGAN
GAMBAR :
1.
Bagian atas : Gambar
Tongkat Gembala
Melambangkan bahwa Akademi
Keperawatan Dharma Insan siap melayani sesama baik dalam keadaan sehat maupun
sakit dalam memenuhi kebutuhan kesehatan secara optimal, baik bio, psiko,
sosial maupun spiritual.
2.
Sayap Burung
Melambangkan bahwa Roh Kudus menaungi dan memberi
inspirasi dalam misi pelayanan dibidang
kesehatan.
3.
Ular Berbisa
Melambangkan bahwa pelayanan yang diberikan baik secara bio, psiko,
sosial maupun spiritual akan dapat menyembuhkan seseorang secara optimal.
4.
Salib
Terdapat ditengah-tengah melambangkan bahwa kegiatan pelayanan
didasarkan atas Cinta Kasih terhadap sesama dimana Salib yang dimaksud
merupakan inti dari kegiatan pelayanan kesehatan secara keseluruhan.
- PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN
1.
Peserta didik
Peserta didik pada tahun ajaran 2010/2011 semester ganjil adalah
sebagai berikut :
No.
|
Tingkat
|
L
|
P
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1.
|
I
|
71
|
49
|
120
|
|
2.
|
II
|
46
|
58
|
104
|
|
3.
|
III
|
50
|
54
|
104
|
|
T o t a l
|
167
|
161
|
328
|
2.
Kurikulum
1. Tujuan.
Penyelenggaraan Pendidikan Diploma III Keperawatan bertujuan untuk
menghasilkan tenaga ahli madya bidang Keperawatan yang :
a.
Mampu melaksanakan pelayanan
keperawatan profesional dalam suatu sistem pelayanan kesehatan sesuai
kebijaksanaan umum pemerintah yang berlandaskan Pancasila, khususnya pelayanan
dan/atau asuhan keperawatan kepada individu, keluarga dan komunitas berdasarkan
kaidah-kaidah keperawatan.
b.
Mampu menunjukkan sikap kepemimpinan
dan bertanggung jawabdalam mengelola asuhan keperawatan
c.
Mampu berperan serta dalam
kegiatan penelitian dalam bidang keperawatan dan menggunakan hasil penelitian
serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan mutu dan
jangkauan pelayanan/asuhan keperawatan.
d. Mampu berperan serta aktif dalam mendidik
dan melatih pasien.
e. Mampu mengembangkan diri secara terus menerus untuk meningkatkan
kemampuan profesi
2.
Lama
Pendidikan dan Gelar Kelulusan.
Mahasiswa Program Diploma III keperawatan
memerlukan waktu 6 (enam) semester ntuk menyelesaikan 108 SKS Kurikulum
Nasional (KURNAS) ditambah 2 SKS Kurikulum Institusi (KURIN) dengan gelar Ahli Madya Keperawatan.
Batas
waktu untuk menyelesaikan Program Pendidikan Diploma III Keperawatan adalah 6 –
10 semester (sesuai SK Mendikbud. No.056/4/1994, tanggal 19 Maret 1994.
3.
Struktur Program Pendidikan.
STRUKTUR PROGRAM
SEMESTER I
NO
|
MATA
AJARAN
|
BEBAN STUDI
|
|||||
JML |
PENGALAMAN BELAJAR
|
||||||
PBC
|
PBD
|
PBP
|
PBK
|
PBL
|
|||
1
|
Ilmu Alam Dasar
|
2
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
2
|
Anatomi
|
2
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
3
|
Fisiologi & Biokimia
|
3
|
2
|
-
|
1
|
-
|
-
|
4
|
Konsep Dasar Keperawatan I
|
6
|
2
|
1
|
3
|
-
|
-
|
5
|
Kebutuhan Dasar Manusia I
|
4
|
2
|
-
|
2
|
-
|
-
|
6
|
Psikologi
|
2
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
7
|
Agama
|
2
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
Jumlah Kredit Semester
|
21
|
10
|
1
|
10
|
-
|
-
|
STRUKTUR PROGRAM
SEMESTER II
NO
|
MATA
AJARAN
|
BEBAN STUDI
|
|||||
JML |
PENGALAMAN BELAJAR
|
||||||
PBC
|
PBD
|
PBP
|
PBK
|
PBL
|
|||
1
|
Etika Keperawatan
|
4
|
2
|
-
|
2
|
-
|
-
|
2
|
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
2
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Mikrobiologi & Parasitologi
|
2
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
4
|
Sosiologi
|
2
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
5
|
Ilmu Gizi
|
2
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
6
|
Patologi
|
2
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
7
|
Kebutuhan Dasar Manusia II
|
4
|
1
|
-
|
3
|
-
|
-
|
8
|
Farmakologi
|
2
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
9
|
Komunikasi
|
2
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
Jumlah Kredit Semester
|
22
|
10
|
1
|
11
|
-
|
-
|
STRUKTUR PROGRAM
SEMESTER III
NO
|
MATA
AJARAN
|
BEBAN STUDI
|
|||||
JML |
PENGALAMAN BELAJAR
|
||||||
PBC
|
PBD
|
PBP
|
PBK
|
PBL
|
|||
1
|
Keperawatan Profesional
|
2
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Pendidikan Kesehatan
|
2
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
3
|
Dokumentasi Keperawatan
|
2
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
4
|
Keperawatan Medikal-Bedah I
|
5
|
3
|
-
|
3
|
-
|
-
|
5
|
Keperawatan Medikal-Bedah II
|
5
|
3
|
-
|
3
|
-
|
-
|
6
|
Keperawatan Komunitas
|
3
|
2
|
-
|
1
|
-
|
-
|
7
|
Caring
|
2
|
1
|
-
|
-
|
||
Jumlah Kredit Semester
|
21
|
11
|
1
|
6
|
-
|
-
|
STRUKTUR PROGRAM
SEMESTER IV
NO
|
MATA
AJARAN
|
BEBAN STUDI
|
|||||
JML |
PENGALAMAN BELAJAR
|
||||||
PBC
|
PBD
|
PBP
|
PBK
|
PBL
|
|||
1
|
Keperawatan Medikal-Bedah III
|
5
|
2
|
-
|
3
|
-
|
-
|
2
|
Keperawatan Anak I
|
5
|
2
|
-
|
3
|
-
|
-
|
3
|
Keperawatan Matemitas I
|
4
|
2
|
-
|
2
|
-
|
-
|
4
|
Keperawatan Jiwa I
|
4
|
2
|
-
|
2
|
-
|
-
|
Jumlah Kredit Semester
|
18
|
8
|
-
|
10
|
-
|
-
|
STRUKTUR PROGRAM SEMESTER V (PROFESI)
NO
|
MATA
AJARAN
|
BEBAN STUDI
|
|||||
JML |
PENGALAMAN BELAJAR
|
||||||
PBC
|
PBD
|
PBP
|
PBK
|
PBL
|
|||
1
|
Pengantar
Riset Keperawatan
|
2
|
1
|
-
|
-
|
1
|
-
|
2
|
Keperawatan Komunittas II
|
4
|
2
|
-
|
-
|
2
|
-
|
3
|
Keperawatan Jiwa II
|
2
|
-
|
-
|
-
|
2
|
-
|
4
|
Keperawatan Matemitas II
|
2
|
-
|
-
|
-
|
2
|
-
|
5
|
Keperawatan Medikal-Bedah IV
|
2
|
-
|
-
|
-
|
2
|
-
|
6
|
Keperawatan Anak II
|
2
|
-
|
-
|
-
|
2
|
-
|
7
|
Kepemimpinan & Manaj. Kepw.
|
2
|
1
|
-
|
1
|
-
|
|
Jumlah Kredit Semester
|
14
|
4
|
-
|
1
|
11
|
-
|
STRUKTUR PROGRAM SEMESTER VI (PROFESI)
NO
|
MATA
AJARAN
|
BEBAN STUDI
|
|||||
JML |
PENGALAMAN
BELAJAR
|
||||||
PBC
|
PBD
|
PBP
|
PBK
|
PBL
|
|||
1
|
Keperawatan Keluarga
|
3
|
1
|
-
|
1
|
-
|
1
|
2
|
Keperawatan Komunitas III
|
3
|
1
|
-
|
-
|
-
|
2
|
3
|
Keperawatan Gawat Darurat
|
3
|
1
|
-
|
1
|
1
|
-
|
4
|
Keperawatan Gerontik
|
2
|
1
|
-
|
-
|
-
|
1
|
5
|
Keperawatan Medikal-Bedah V
|
3
|
-
|
-
|
-
|
3
|
-
|
Jumlah Kredit Semester
|
14
|
4
|
-
|
2
|
4
|
4
|
1.
Sistem Administrasi Pendidikan
Pengertian Sistem Kredit
Sistem kredit adalah suatu system penyelenggaraan pendidikan dimana
beban studi peserta didik, beban kerja tenaga pengajar dan beban
penyelenggaraan pendidikan suatu mata kuliah tertentu kesemuanya dalam kredit.
- Satuan Kredit Semester
Adalah satuan ukuran yang
digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi peserta didik, besarnya
pengetahuan atas keberhasilan usaha komulatif bagi suatu program tertentu,
serta besarnya usaha penyelenggaraan pendidikan bagi perguruan tinggi dan
tenaga pengajar.
3. Pembagian Kegiatan Studi Dalam
Semester.
a.
Kegiatan Belajar mengajar 15 – 17 minggu pertemuan.
a.
UTS dilaksanakan 1 minggu.
b.
UAS dilaksanakan 2 minggu.
4.
Tujuan penerapan sistem SKS.
a. Tujuan Umum pendidikan yang
berlandasan system SKS adalah untuk
memungkinkan penyajian program pendidikan yang bervariasi
dan luwes.
Sehingga memberi kessempatan yang luas kepada
Mahasiswa untuk memilih
suatu paket studi yang akan
membentuknya kearah suatu bidang tertentu sesuai
dengan minat dan tuntutan
pembangunan bangsa dan negara.
b. Tujuan Khusus
Pendidikan yang berlandasan system SKS
antara lain.
1). Memberi kesempatan kepada
mahasiswa yang cakap dan giat belajar untuk
dapat menyelesaikan studi tepat
waktu.
2). Mempermudah penyesuaian mata kuliah
sesuai dengan perkembangan
masyarkat, ilmu dan teknologi.
3). Memberi kemungkinan agar sistem
evaluasi kemajuan peserta didik dapat
diseleng-garakan sebaik-baiknya.
4). Sarana pendidikan dapat digunakan
lebih efisien dan efektif.
5. Ciri – Ciri.
Sistem kredit pada program pendidikan D III keperawatan memiliki
cicr-ciri
Sebagai berikut :
a.
Setiap cabang ilmu atau mata
kuliah diberi nilai kredit dalam satuan semester.
b.Besar kecilnya bobot SKS untuk masing-masing cabang ilmu atau mata
kuliah yang berlainan tidak selalu sama.
c. Besar kecilnya bobot SKS suatu mata kuliah
tertentu sama sekali tidak mencerminkan penting tidaknya mata kuliah yang
bersangkutan.
d. Besar
kecilnya beban SKS untuk masing-masing cabang ilmu atau mata kuliah ditentukan
atas dasar ruang lingkup dan jumlah bahan
ajar mata kuliah bersangkutan.
Serta waktu yang dibutuhkan untuk menguasainya,
termasuk didalamnya adalah besarnya usaha untuk menyelesaikan tugas-tugas yang
dinyatakan dalam Pengertian Sistem Kredit
Sistem kredit adalah suatu system penyelenggaraan
pendidikan dimana beban studi peserta didik, beban kerja tenaga pengajar dan
beban penyelenggaraan pendidikan suatu mata kuliah tertentu kesemuanya dalam
kredit.
6. Satuan Kredit Semester
Adalah satuan ukuran yang digunakan untuk
menyatakan besarnya beban studi peserta didik, besarnya pengetahuan atas
keberhasilan usaha komulatif bagi suatu program tertentu, serta besarnya usaha
penyelenggaraan pendidikan bagi perguruan tinggi dan tenaga pengajar.
7. Pembagian Kegiatan Studi Dalam
Semester.
a. Kegiatan Belajar mengajar 15 – 17 minggu
pertemuan.
- UTS dilaksanakan 1 minggu.
- UAS dilaksanakan 2 minggu.
b.
d. Minggu tenang 1 minggu.
8. Tujuan
penerapan sistem SKS.
a. Tujuan
Umum pendidikan yang berlandasan system SKS adalah untuk
memungkinkan penyajian program
pendidikan yang bervariasi dan luwes. Sehingga
memberi kessempatan yang luas kepada Mahasiswa untuk memilih suatu paket
studi yang akan membentuknya kearah suatu bidang tertentu sesuai dengan minat
dan tuntutan pembangunan bangsa dan negara.
b. Tujuan Khusus Pendidikan yang berlandasan system SKS antara lain.
1). Memberi kesempatan kepada
mahasiswa yang cakap dan giat belajar untuk dapat menyelesaikan studi
tepat waktu.
2). Mempermudah penyesuaian
mata kuliah sesuai dengan perkembangan masyarkat, ilmu dan teknologi.
3). Memberi kemungkinan agar
sistem evaluasi kemajuan peserta didik dapat diseleng-garakan sebaik-baiknya.
4). Sarana pendidikan dapat
digunakan lebih efisien dan efektif.
9. Ciri – Ciri.
Sistem kredit pada program pendidikan D
III keperawatan memiliki cici-ciri
Sebagai berikut :
a. Setiap cabang ilmu atau mata kuliah diberi
nilai kredit dalam satuan semester.
b. Besar kecilnya bobot SKS untuk
masing-masing cabang ilmu atau mata kuliah yang berlainan tidak selalu sama.
c. Besar kecilnya bobot SKS suatu mata kuliah
tertentu sama sekali tidak mencerminkan penting tidaknya mata kuliah yang
bersangkutan.
d. Besar kecilnya beban SKS untuk
masing-masing cabang ilmu atau mata kuliah ditentukan atas dasar ruang lingkup
dan jumlah bahan ajar mata kuliah
bersangkutan.
e. Serta waktu yang dibutuhkan untuk
menguasainya, termasuk didalamnya adalah besarnya usaha untuk menyelesaikan
tugas-tugas yang dinyatakan dalam program perkuliahan , praktekum, praktek
lapangan maupun tugas-tugas lain.
Jenis dan
nilai Kredit Pengalaman Belajar
Pengalaman Belajar
Ceramah (PBC) atau kuliah (K)
Pengalaman belajar ceramah (PBC) adalah kegiatan
belajar mengajar yang bahan/pelajarannya disampaikan dengan cara lisan. Nilai
kredit PBC ditentukan berdasarkan atas beban kegiatan yang mencakup tiga macam
kegiatan per minggu selama satu satu semester yaitu tatap muka, kegiatan
terstruktur dan mandiri.
Nilai 1 sks untuk PBC/K adalah bila tiap minggu
selama satu semester dilakukan kegiatan pendidikan sebagai berikut :
1) 50 menit acara tatap muka terjadwal dengan
peserta didik
2) 60 menit acara kegiatan pengajaran
terstruktur, yaitu kegiatan studi yang tidak terjadwal tetapi direncanakan oleh
dosen.
3) 60 menit acara kegiatan mandiri, yaitu
kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara mandiri untuk mendalami,
mempersiapkan atau tujuan lain sebagai tugas pendidikan.
a.
Pengalaman
Belajar Diskusi (PBD)/Seminar (S)
Pengalaman belajar diskusi atau seminar adalah
kegiatan belajar mengajar yang dikemukakan dalam diskusi kelompok.
Dalam pbd /s terjadi interaksi dan diskusi yang
memungkinkan peserta didik mendapat pengalaman belajar konkrit dan aktif.
Nilai kredit 1 SKS pbd/s mencakup 3 jam interaksi
dan diskusi perminggu selama satu semester.
b. Pengalaman Belajar Praktika (PBP ) atau
praktek laboratorium ( L ).
Menguji coba pengetahuan dan ketrampilan yang sudah
diperoleh sebelumnya dengan cara demonstrasi, redemonstrasi dan atau simulasi.
Pada pbd/1 proses belajar dapat Pengalaman belajar praktika ( PBP ) adalah
kegiatan belajar mengajar di laboratorium yang memungkinkan peserta didik
memperoleh pengalaman konkrit, terjadi secara mandiri ataupun melalui interaksi
kelompok.
Nilai 1 sks pbp/L bila tiap minggu dalam satu semester dilakukan kegiatan
sebagai berikut :
1). 180 menit praktek terjadwal
2). 60 menit kegiatan akademik terstruktur
3). 60 menit kegiatan akademik mandiri
Jika kegiatan akademik terstruktur
dan mandiri tidak perrlu atau tidak dapat dijalankan pada program yang
berintikan kegiatan praktikum, maka sebagai pedoman untuk menentukan nilai
kredit 1 sks pbp dipakai lama waktu 3 – 4 jam kegiatan praktiikum terjadwal
dilaboratorium setiap minggu selama satu semester.
c. Pengalaman belajar klinik (
PBK ) atau praktek klinik ( P ).
Penglaman belajar klinik ( PBK ) memberi kesempatan
belajar kepada peserta didik untuk mengalami dan mempraktekan serta mencoba
secara nyata pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh pada setiap tahap
pendidikan disertai sikap professional sesuai dengan profesinya. Penguasaan
kognitif dan ketrampilan atau psikomotor dan sikap yang telah diperoleh serta
dipelajari dan atau dipraktekan secara utuh di klinik.
Nilai kredit 1 sks untuk PBK sama dengan kegiatan praktek
klinik selama 4 – 5 jam per minggu selama satu semester.
d. Pengalaman belajar lapangan (
PBL ).
Pengalaman belajar lapangan ( pbl )
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami dan mempraktekkan serta
mencoba secara nyata pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh pada
setiap tahap pendidikan disertai sikap profesional sesuai dengan profesinya.
Penguasaan kognitif, komunikasi dan ketrampilan atau psikomotor yang telah diperoleh atau dipelajari
dipraktekkan secara utuh dan menyeluruh di masyarakat.
Nilai kredit 1 sks untuk pbl sama dengan kegiatan praktek
lapangan selama 4 – 5 per minggu selama satu semester.
e. Penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI).
Penyusunan karya tulis ilmiah adalah kegiatan belajar
mengajar yang memberi kesempatan kepada peserta didik dalam mengungkapkan
kemampuan penalaran secara komprehensif melalui tulisan sesuai dengan ruang
lingkup dan tanggung jawab profesinya.
Ketentuan
yang berkaitan dengan karya tulis Ilmiah akan ditentukan kemudian.
f. Program
perkuliahan , praktekum, praktek lapangan maupun tugas-tugas lain.
1) Jenis
dan nilai Kredit Pengalaman Belajar
2) Pengalaman Belajar Ceramah (PBC) atau
kuliah (K)
Pengalaman belajar ceramah (PBC) adalah kegiatan
belajar mengajar yang bahan/pelajarannya disampaikan dengan cara lisan. Nilai
kredit PBC ditentukan berdasarkan atas beban kegiatan yang mencakup tiga macam
kegiatan per minggu selama satu satu semester yaitu tatap muka, kegiatan
terstruktur dan mandiri.
Nilai 1 sks untuk PBC/K adalah bila tiap minggu
selama satu semester dilakukan kegiatan pendidikan sebagai berikut :
3) 50 menit acara tatap muka terjadwal dengan
peserta didik
4) 60 menit acara kegiatan pengajaran
terstruktur, yaitu kegiatan studi yang tidak terjadwal tetapi direncanakan oleh
dosen.
5) 60 menit acara kegiatan mandiri, yaitu
kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara mandiri untuk mendalami,
mempersiapkan atau tujuan lain sebagai tugas pendidikan.
6)
Pengalaman
Belajar Diskusi (PBD)/Seminar (S)
Pengalaman belajar diskusi atau seminar adalah
kegiatan belajar mengajar yang dikemukakan dalam diskusi kelompok.
Dalam pbd /s terjadi interaksi dan diskusi yang
memungkinkan peserta didik mendapat pengalaman belajar konkrit dan aktif.
Nilai kredit 1 SKS pbd/s mencakup 3 jam interaksi
dan diskusi perminggu selama satu semester.
g. Pengalaman Belajar Praktika (PBP ) atau
praktek laboratorium ( L ).
Menguji coba pengetahuan dan ketrampilan yang sudah
diperoleh sebelumnya dengan cara demonstrasi, redemonstrasi dan atau simulasi.
Pada pbd/1 proses belajar dapat Pengalaman belajar praktika ( PBP ) adalah
kegiatan belajar mengajar di laboratorium yang memungkinkan peserta didik
memperoleh pengalaman konkrit, terjadi secara mandiri ataupun melalui interaksi
kelompok.
Nilai 1 sks pbp/L bila tiap minggu dalam satu semester dilakukan kegiatan
sebagai berikut :
1). 180 menit praktek terjadwal
2). 60 menit kegiatan akademik terstruktur
3). 60 menit kegiatan akademik mandiri
Jika kegiatan akademik terstruktur
dan mandiri tidak perrlu atau tidak dapat dijalankan pada program yang
berintikan kegiatan praktikum, maka sebagai pedoman untuk menentukan nilai
kredit 1 sks pbp dipakai lama waktu 3 – 4 jam kegiatan praktiikum terjadwal
dilaboratorium setiap minggu selama satu semester.
h.
Pengalaman belajar klinik ( PBK ) atau praktek klinik ( P ).
Penglaman belajar klinik ( PBK ) memberi kesempatan
belajar kepada peserta didik untuk mengalami dan mempraktekan serta mencoba
secara nyata pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh pada setiap tahap
pendidikan disertai sikap professional sesuai dengan profesinya. Penguasaan
kognitif dan ketrampilan atau psikomotor dan sikap yang telah diperoleh serta
dipelajari dan atau dipraktekan secara utuh di klinik.
Nilai kredit 1 sks untuk PBK sama dengan kegiatan praktek
klinik selama 4 – 5 jam per minggu selama satu semester.
i. Pengalaman belajar lapangan (
PBL ).
Pengalaman belajar lapangan ( pbl )
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami dan mempraktekkan serta
mencoba secara nyata pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh pada
setiap tahap pendidikan disertai sikap profesional sesuai dengan profesinya.
Penguasaan kognitif, komunikasi dan ketrampilan atau psikomotor yang telah diperoleh atau dipelajari
dipraktekkan secara utuh dan menyeluruh di masyarakat.
Nilai kredit 1 sks untuk pbl sama dengan kegiatan praktek
lapangan selama 4 – 5 per minggu selama satu semester.
j. Penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI).
Penyusunan karya tulis ilmiah adalah kegiatan belajar
mengajar yang memberi kesempatan kepada peserta didik dalam mengungkapkan
kemampuan penalaran secara komprehensif melalui tulisan sesuai dengan ruang
lingkup dan tanggung jawab profesinya.
Ketentuan
yang berkaitan dengan karya tulis Ilmiah akan ditentukan kemudian.
1. Lahan Praktek.
1. Rumah Sakit Sto. Antonius Pontianak.
2. Rumah Sakit Khusus Provinsi Kalimantan
Barat.
3. Rumah Sakit Jiwa Singkawang.
4. Puskemas Jl. Jend. Urip Pontianak.
5.
Puskesmas Jl. Apel Pontianak .
6.
Puskesmas Perum I Pontianak .
7. Klinik Bersalin yang ditunjuk Yayasan
Dharma Insan Pontianak.
8. Institusi Kesehatan lain dibawah naungan
Keuskupan Agung Pontianak.
2.
Kegiatan ko Kurikuler
Kegiatan ko Kurikuler biasanya berupa study tour yang dilaksanakan
setiap tahun
Pada tahun 2009/2010 Mahasiswa Akper Dharma Insan Pontianak
melakukan kegiatan ko Kurikuler Ziarah Bulan Maria ke Gua Maria dan Taman Pasir Panjang Indah.
3.
Kegiatan Ekstra Kurikuler
a.
Mengikuti pertandingan olah
raga dan kesenian dalam rangka HUT RSU St. Antonius Pontianak, Dies Natalis,
antar Perguruan Tinggi kesehatan dan non kesehatan dll.
E.
SUMBER DAYA MANUSIA.
1.
Dosen Tetap.
NO
|
NAMA DOSEN
|
LATAR BELAKANG/
AKTA
|
MATA AJARAN YANG DIAJARKAN
|
1.
|
Agustinus HS., SKM, M.Kes
|
- DIII Keperawatan
- S1 Kesmas
- S2 Promkes
- Akta IV
|
1. Promkes
2. Kep. Komintas I & II
|
2.
|
Antonius Jumadi, S.Kep. Ners
|
- DIII Keperawatan
- S1 Keperawatan
- Ners
- Pekerti
|
1. KDM I & II
2. Anatomi Fisiologi
3. KMB I, II, IV
4. Kep. Gerontik
5. Kep. Jiwa I, II
6. Seminar. Kep.
7. Kep. Profesional
8. Kep. Anak
9. KGD
|
3.
|
Ns. Elisabeth Wahyu
Savitri, S.Kep
|
- S1 Keperawatan
- Ners
- Pekerti
|
1. Konsep Dasar Kep
2. KMB I,II,III,IV
3. Kep & Manaj Kep.
4. Kep. Keluarga
5. Kep. Gerontik
6. Caring
7. KGD
8. Komunikasi Dlm. Kep
9. Dokomentasi Kep.
10. Kep. Komunitas I, II
|
4.
|
Ns. Sisilia Lily, S.Kep
|
- DIII
Keperawatan
- S1
Keperawatan
- Ners
- Akta III
|
1. Konsep Dasar Kep
2. KMB I,II,III,IV
3. Kep Dan Maaj. Kep
4. Kep. Keluarga
5. Kep. Gerontik
6. Caring
7. Etika Keperawatan
8. Komunikasi Dlm Kep.
9. Kep. Profesional
10. KGD
|
5.
|
Elly M. Titihalawa, SST
|
- DIII Keperawatan
- DIV Kepwt. Dasar
- Akta III
|
1. Kep. Anak
2. Anatomi & Fisiolog
3. Biokimia
4. Komunikasi Dlm Kep..
5. Kep Dan Manaj. Kep.
6. Kep. Maternitas
|
6.
|
Laurensius Daniel, SKM
|
- DIII Keperawatan
- S1 Kesmas
- Akta III
|
1. KMB I, II, III, IV
2. Anatomi & Fisiologi
3. Prom. Kesehatan
4. Caring
5. Kep. Komunitas I, II
6. KGD
|
7.
|
Pelapina Heriana, S.Kep. Ners
|
- DIII
Keperawatan
- S1
Keperawatan
- Pekerti
|
1. Kep. Manajemen
2. KDM I, II
3. KMB I, II, III, IV
4. Komunikasi Dlm Kep.
|
8.
|
Veronika Herawati, S.Kep. Ners
|
- DIII Keperawatan
- S1 Keperawatan
- Ners
|
1. KMB I, II, III, IV
2. Keperawatan Jiwa I, II
3. Kep. Dan Manaj. Kep
4. Kep. Profesional
5. Seminar Keperawatan
|
9.
|
Maria Goretik, AMd. Keb
|
- DIII Kebidanan
|
1. Kep. Maternitas I, II
2. Kep. Anak I, II
3. KMB II, IV
4. KMD I, II
|
10.
|
Fransiska Romina, S.Kep. Ners
|
- S1 Keperawatan
- Ners
|
1. Kep. Materinitas I, II
2. Kep. Anak I, II
3. KMB I, II, III, IV
4. KDM I, II
|
11.
|
Yustina Riki N, S.Kep. Ners
|
- S1 Keperawatan
- Ners
|
1. Kep. Materinitas I, II
2. Kep. Anak I, II
3. KMB I, II, III, IV
4. KDM I, II
|
12.
|
Florida Listiva Punggus, S.Kep.Ners
|
- S1 Keperawatan
- Ners
|
1. Kep. Materinitas I, II
2. Kep. Anak I, II
3. KMB I, II, III, IV
4. KDM I, II
|
13.
|
Lydia Moji Lautan, S.Kep.Ners
|
- S1 Keperawatan
- Ners
|
1. Kep. Materinitas I, II
2. Kep. Anak I, II
3. KMB I, II, III, IV
4. KDM I, II
|
14.
|
Sr. Daria Tumin, SFIC, MAN
|
- Master Of
Arts In
Nursing
|
1. KMB I, II, III, IV
|
15.
|
Lutfiaty
Erfany, S.Kep. Ners
|
- DIII
Keperawatan
- S1
Keperawatan
- Ners
|
1. KMB I, II, III, IV
|
16.
|
Klara Runita
|
- DIII
Keperawatan
- S1
Keperawatan
- Ners
|
1. KMB I, II, III, IV
|
17
|
Hendrika Nurhayati, S.Kep. Ners
|
- DIII
Keperawatan
- S1
Keperawatan
- Ners
|
1. KMB I, II, III, IV
|
18
|
A k u n, S.Kep. Ners
|
- DIII
Keperawatan
- S1
Keperawatan
- Ners
|
1. KMB I, II, III, IV
|
2. Dosen Tetap Tugas Belajar/Ijin Belajar
No.
|
Nama
|
Program
|
Th.
Masuk
|
Th.
Selesai
|
Tugas
Belajar
|
||||
1.
|
Tonalius
|
Prog. Studi Magister M. Kes URINDO Jakarta
|
Sept
2009
|
Juni 2011
|
Ijin
Belajar
|
||||
1.
|
Elly
Marce Titihalawa
|
STIKEP
Muhammadiyah Ptk.
|
Sept
2010
|
Juli
2012
|
3.
Tenaga Dosen Tidak Tetap
No.
|
Nama
|
Latar
Belakang Pendidikan
|
Unit
Kerja
|
1.
|
Drs. Joein K. Legawa, SE
|
- PTIK & S1 Ekonomi
- Lemhanas/Kewiraan
|
Dosen
UPB
|
2.
|
Drs.
H. Chairul Fuad, M. Kes
|
- S1 Pendidikan
- Magister Kesehatan
|
Bapelkes Pontianak/ Kepala PKBI Kalbar
|
3.
|
Dr.
Yuliana T., Sp.KK
|
Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin
|
RSSA
|
4.
|
Dr.
Abdul Salam Sp.PP
|
Spesialis
Penyakit Paru
|
RSDS
|
5.
|
Dr.
John Hard, Sp.BS
|
Spesialis
Bedah Saraf
|
RSDS
|
6.
|
Dr.
Ruddy. AT., Sp.PD
|
Spesialis
Penyakit Dalam
|
RSSA
|
7.
|
Dr.
Suhatman Sp.M.
|
Spesialis
Penyakit Mata
|
RSDS
|
8.
|
Dr.
Noviati, Sp.THT
|
Spesialis
Penyakit THT
|
RSSA
|
9.
|
Dr.
Betty, Sp. JP
|
Spesialis
Penyakit Jantung & Pembuluh Darah Spesialis Bedah Umum
|
RSDS
|
10.
|
Dr. Joko T.Basuki, Sp.OG
|
Spesialis
Obstetri & Gine-kologi
|
RSSA
|
11.
|
Dr. Karida Salim
|
Dokter
Umum
|
RSSA Pontianak
|
12.
|
Dr.
Juntu, Sp.OG
|
Spesialis
Obstetri & Gine-kologi
|
RSSA
|
13.
|
Dwi
Suseno, S.Kep. Ners
|
-
S1 Keperawatan
|
RS.
Khusus Prov. Ptk
|
14.
|
Dr.
Sihabudin AR., Sp.M
|
Spesialis
Mata
|
RSSA
Ptk.
|
15.
|
Evi
Muliati, MSc
|
Master
Farmasi
|
Wiraswasta
(Apotik Mandiri
|
16.
|
TIM UPT Bahasa UNTAN Pontianak
|
Bachelor
in English
Bussiness
|
UPT
Bahasa UNTAN
|
17.
|
Surya
Rusmanto, AMA
|
DIII
Anatesi
|
RSSA
|
18.
|
Antonius
Pawi, AMA
|
DIII
Anatesi
|
RSSA
|
19.
|
Dr. Hengkie Aswarie, Sp.U
|
Spesialis
Urologi
|
RSSA
|
20.
|
Dr.
Daunwati, M.Gizi
|
S2
Gizi
|
RSSA
|
21.
|
Drs.
Paulus Kota
|
S1
Filsafat Moral
|
Pastor
Gereja
Katederal
Pontianak
|
22.
|
Ir.
L.D. Ranssa
|
S1
Teknik Sipil
|
SMU
St. Asisi Ptk
|
23.
|
Adrianus,
S.Si
|
S1
Ilmu Biologi
|
SMU
St. Asisi Ptk
|
24.
|
Drs.
Gasfar Deso Esso
|
S1
Pendidikan
|
Dosen
UNTAN Ptk
|
25.
|
Dr.
Charles Hutasoit, Sp.A
|
Spesialis
Penyakit Anak
|
RSSA
|
26.
|
Dr.
Taswin Timbung, Sp.JP
|
Spesialis
Penyakit Jantung & Pembuluh Darah
|
RSDS
|
27.
|
A.
Wina, S.Si.T, MMKes
|
Magister
Manajemen Kesehatan
|
|
28.
|
Dr. Sugeng K, Sp.BO
|
Spesialis
Ortopendi
|
RS.
Bhayangkara Ptk
|
29.
|
Imelda
L., AMd. Keb.
|
DIII
Kebidanan
|
RSSA
|
30.
|
Theodora
Dora, AMd. Keb.
|
DIII
Kebidanan
|
RSSA
|
31.
|
Susana.
B, AMK
|
DIII
Keperawatan
|
RSSA
|
32.
|
Yulianti
|
DIII
Keperawatan
|
RSSA
|
33.
|
Yovan H., S.Ked,M.Biomed
|
Magister
Biomedik
|
AKBID
Panca Bhakti
|
34.
|
Norbertus
Priadi, S.Ag
|
S1
Agama
|
Guru
SMA St.Paulus
|
35.
|
Dr.
Adi Sudjatmiko, Sp.PK
|
Spesialis
Patologi Klinik
|
RSSA
|
36.
|
Dr. Jendaria T, Sp.PJ
|
Spesialis
Penyakit Jiwa
|
RS
Khusus Prov. Ptk.
|
37.
|
Petrus Budi R, APP, M.Kes
|
Magister
Kesehatan
|
Dinkes
Prov. Kalbar
|
38.
|
Surya
Rusmanto, AMA
|
DIII
Anetesi
|
RSSA
|
39.
|
Antonius
Pawi, AMA
|
DIII
Anetesi
|
RSSA
|
40.
|
Drs.
Paulus Kota
|
S1
Filsafat Moral
|
Pastoral
Gereja Katedral
|
41.
|
Dr. Yustar Mulyadi, Sp.PD
|
Spesialis Penyakit Dalam
|
RSSA Pontianak
|
42.
|
Sri
Wahyuni, AMd. Kep
|
DIII
Keperawatan
|
RSSA
|
43.
|
Dr.
Titik Nurwahyuni W, Sp.S
|
Spesialis
Saraf
|
RSDS
|
44.
|
Drs.
Philipus Mimin
|
S1
Pendidikan
|
Guru
SMA
|
46
|
Imelda,
SKM
|
S1
Kesmas
|
Dinkes
Prov. Kalbar
|
47.
|
Lidia
Lily, S.Si.T
|
DIV
Kebidanan
|
AKBID
Benedicta Pontianakj
|
48.
|
Susanna,
SKM
|
S1
Kesmas
|
AKBID
Benedicta Pontianak
|
49.
|
Agustina
Nona, APP
|
DIV
Kebidanan
|
AKBID
Benedicta Pontianak
|
50.
|
S.
Buaton, SIP
|
S1
Ilmu Politik & Sosial
|
SMA
St. Petrus Ptk
|
4.
Tenaga Tata Usaha
No.
|
Nama
|
Latar belakang Pendidikan
|
Bidang Tugas
|
1.
|
Sutarso,
SH
|
S1
Hukum
|
Ka.Bag.
Adm. Umum & Kepegawaian
|
2.
|
Heronius,
SE
|
S1
Ekonomi
|
Ka.Bag.
Keuangan
|
3.
|
Yohanes Viany
|
STM
|
Ka.Bag. RT & Logistik
|
4.
|
Exbertus, SH
|
S1 Hukum
|
Ka.Bag.Info & Teknologi
|
5.
|
Marcelina, AMd
|
DIII Sekretaris
|
Staf Adm. Akademik
|
6.
|
Novita Faradilla Santi, S.Kom
|
S1 Manaj. Informatika
|
Staf Adm. Akademik
|
7.
|
Margaretha Lisa, AMd
|
DIII Manaj. Informatika
|
Staf Adm. Umum
|
8.
|
Elvina
|
SMA
|
Pelaksana Laboratorium
|
9.
|
Yakobus, SH
|
S1 Hukum
|
Petugas Perpustakaan
|
10.
|
Samuel Joko Prayitno
|
SMA
|
Pelaksana RT
|
11.
|
Sariah
|
SD
|
Pekarya
RT
|
12.
|
Martina
Enna
|
SD
|
Pekarya
RT
|
13.
|
Rafika Gani
|
SMA
|
Satpam
|
14.
|
Stanislaus
|
SMA
|
Satpam
|
15.
|
Erman
|
SMP
|
Satpam
|
16.
|
Muliadi
|
SMP
|
Satpam
|
- SARANA
DAN FASILITAS
1. Tanah
a. Luas tanah : 22.400 m2 .
b. Status tanah : Milik keuskupan Agung Pontianak.
2.
Kampus/Perkantoran
Akademi
Keperawatan Dharma Insan Pontianak memiliki 1 bangunan
gedung Kampus/Perkantoran dengan keseluruhan 22.400 m2.
No.
|
Nama Ruang/Lokal
|
Ukuran
|
Kapasitas
|
Status
|
Ket.
|
1
|
Ruang Kuliah :
|
||||
a. Ruang Kuliah IA
|
100 m2
|
60 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
|
b. Ruang Kuliah IB
|
100 m2
|
60 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
|
c. Ruang Kuliah IIA
|
100 m2
|
60 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
|
d. Ruang Kuliah IIB
|
100 m2
|
60 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
|
e. Ruang Kuliah IIIA
|
100 m2
|
60 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
|
f. Ruang Kuliah IIIB
|
100 m2
|
60 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
|
2
|
Ruang Kuliah Atas :
|
100 m2
|
60 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
a. Ruang Kuliah A
|
100 m2
|
60 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
|
b. Ruang Kuliah B
|
100 m2
|
60 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
|
c. Ruang Kuliah C
|
100 m2
|
60 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
|
3
|
Ruang Direktur
|
16 m2
|
10 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
4
|
Ruang Pudir I
|
9 m2
|
5 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
5
|
Ruang Pudir II
|
9 m2
|
5 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
6
|
Ruang Pudir III
|
12 m2
|
8 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
3
|
Ruang Tata Usaha
|
32 m2
|
15 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
4
|
Ruang Dosen
|
76 m2
|
20 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
5
|
Ruang Perpustakaan
|
146 m2
|
60 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
6
|
Ruang Simulasi
|
268 m2
|
60 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
7
|
Ruang Laboratorium
|
268 m2
|
60 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
8
|
Ruang Rapat
|
60 m2
|
35 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
9
|
Ruang Tamu
|
30 m2
|
15 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
10
|
Ruang Gudang
|
100 m2
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
|
11
|
Auditorium
|
200 m2
|
300 orang
|
Milik Sendiri
|
Full AC
|
3.
Bangunan Asrama
No
|
Nama Asrama
|
Luas
|
Kapasitas T. Tidur
|
1.
|
Asrama Putri I
|
200 m2
|
100
|
2.
|
Asrama Putri II
|
200 m2
|
100
|
3.
|
Kantin I
|
50 m2
|
|
4.
|
Kantin II
|
50 m2
|
4.
Fasilitas Perkantoran
No
|
Jenis
Fasilitas
|
Jumlah
|
Kondisi
|
1
|
Komputer
|
9
Unit
|
Baik
|
2
|
Mesin Stensil
|
1
Unit
|
Baik
|
3
|
Mesin Ketik
|
2
Unit
|
Baik
|
4
|
Telepon
|
1
Unit
|
Baik
|
5
|
Kulkas
|
1
Unit
|
Baik
|
6
|
Kipas angin
|
20
unit
|
Baik
|
7
|
Filling
Kabinet
|
9
Unit
|
Baik
|
8
|
Meja/kursi
kantor
|
25
Unit
|
Baik
|
- Sarana Penunjang PBM
No
|
Jenis
ABBM
|
Jumlah
|
Keterangan/Kondisi
|
1
|
Over Head
Projector
|
4
unit
|
Baik
|
2
|
Pengeras
Suara/Toa
|
4
unit
|
Baik
|
3
|
Wirelas
|
4
unit
|
Baik
|
4
|
White Baord
|
8
unit
|
Baik
|
5
|
Laptop
|
5
unit
|
Baik
|
6
|
Innfocus
|
5
unit
|
Baik
|
7
|
Televisi
|
1 unit
|
Baik
|
8
|
Salon/Speker
|
6
unit
|
Baik
|
9
|
Fantom Multi
User
|
4
unit
|
Baik
|
11
|
Fantom Anatomi
Rangka
|
4
unit
|
Baik
|
12
|
Fantom
Kebidanan
|
5
unit
|
Baik
|
13
|
Fantom
Resusitasi dewasa/anak
|
3
unit
|
Baik
|
14
|
Fantom
Organ-organ Tubuh
|
8
unit
|
Baik
|
15
|
Alat Pratikum
Klinik
|
1
unit
|
Cukup
memadai baik
|
16.
|
E K G
|
4
set
|
Baik
|
17.
|
Oksigen
|
4
set
|
Baik
|
18.
|
Isap Slym
|
3
set
|
Baik
|
19.
|
Nebulizer
|
3
set
|
Baik
|
20.
|
Set Minor
|
4
set
|
Baik
|
21.
|
Kursi roda
|
6
buah
|
Baik
|
22.
|
Belangkar
|
2
buah
|
Baik
|
23.
|
Kruk
|
3
set
|
Baik
|
6.
Sarana Tranfortasi
Kendaraan yang dimiliki 2
buah mobil Mitsubisi L.300.
7.
Prasana institusi
a.
Lapangan Olah Raga
- Lapangan Volly Ball : 1, dengan ukuran 18 x 9 m (126 m2)
- Lapangan Badminton : 1, dengan ukuran 12 m x 12 m x 6 m (72 m2)
b. Lapangan Upacara : Luas 40 m x 30 m (1200m2)
- PENDANAAN
Sebagai sumber utama biaya penyelenggaraan Pendidikan Akper Dharma
Insan Pontianak adalah swadana mahasiswa berupa Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan
(SPP) yang besarnya disesuaikan dengan kebutuhan/inflasi. Sedangkan dana cadangan untuk penyelenggaraan
pendidikan disimpan dalam bentuk deposito di Bank Mandiri.
- BUKU PUSTAKA
Sampai akhir tahun 2010, buku pustaka yang dimiliki Akper Dharma
Insan Pontianak 4.042 eksemplar yang terdiri dari 1.063 judul buku baik dalam
bahasa Inggris maupun dalam bahasa Indonesia.
Dari jumlah 4.042 eksemplar buku atau 1.063 judul buku yang ada jika
dikelompokan menurut standar ABBM yang dikeluarkan oleh Pusdiknakes, maka
gambaran kepustakaan yang dimiliki Akper Dharma Insan Pontianak saat ini adalah
:
1. Kelompok MKK sebanyak 2.736
Eksemplar dan 756 judul
2. Kelompok MPDK sebanyak 241
Eksemplar dan 104 judul
3. Kelompok MPDU sebanyak 1.065
Eksemplar dan 203 judul
4. Majalah 201 Judul 410 eksemplar
- PERALATAN LABORATORIUM DAN SIMULASI
1.
Peralatan laboratorium
Jika
mengacu pada standar ABBM yang dikeluarkan Pusdiknakes, peralatan
Laboratorium yang dimiliki Akper Dharma Insan Pontianak sudah memadai.
2.
Peralatan Simulasi/Visualisasi
Jika mengacu pada standar Sistem Informasi pendidikan Tenaga
Kesehatan (SIPTK) yang dikeluarkan oleh Pusdiknakes, Keberadaan peralatan
Simulasi/Visualisasi Klinik kami anggap sudah cukup memadai .
- PEMBERDAYAAN LULUSAN
Akademi Keperawatan Dharma Insan Pontianak telah
meluluskan 8 angkatan :
DAFTAR JUMLAH LULUSAN SBB :
NO.
|
TAHUN
|
LULUSAN
|
JUMLAH
|
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
|||
1.
|
2003
|
9
|
29
|
38
|
2.
|
2004
|
18
|
29
|
47
|
3.
|
2005
|
7
|
44
|
51
|
4.
|
2006
|
12
|
37
|
49
|
5.
|
2007
|
16
|
31
|
47
|
6.
|
2008
|
17
|
38
|
55
|
7.
|
2009
|
18
|
47
|
65
|
8.
|
2010
|
26
|
68
|
94
|
T o t a l
|
123
|
323
|
446
|
Sebagian besar lulusan Akper Dharma Insan didayakan di RS Santo
Antonius Pontianak ,
sebagaian lagi di Pegawai Negeri dan di RS/Klinik Swasta lainnya.
Demikian Profil
Akper Dharma Insan ini kami sampaikan dengan harapan kiranya apa yang telah
kami jelaskan dapat menjadi pendukung atau bahan pertimbangan dalam mengambil
keputusan penyelenggaraan Akper Dharma Insan Pontianak.
Pontianak, 24 Maret 2011
Direktur Akper Dharma Insan Pontianak
AGUSTINUS HS., SKM, M.Kes
Tidak ada komentar:
Posting Komentar