Tek Berjalan


"DAFTAR ULANG MAHASISWA SECARA ONLINE, SELAIN DENGAN CARA INI DITOLAK"

BUKU PEDOMAN AKPER DHARMA INSAN PONTIANAK




BAB  I
PENDAHULUAN


  1. LATAR BELAKANG

Akademi Keperawatan Dharma Insan Pontianak adalah salah satu Akper yang ada di Kalimantan Barat dengan status swasta, bernaung dibawah payung Yayasan Dharma Insan Pontianak. Dasar hukumnya adalah SK : Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan RI (Pusdiknakes) Nomor : HK.00.06.1.3.0504.

Secara geografis, Akper Dharma Insan terletak di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

Sejak berdiri tahun 2000, Akper Dharma Insan Pontianak menerima Mahasiswa/i 11 angkatan yang sebagian besar berasal dari daerah pedalaman Kalimantan Barat.

Keberadaan Akper Dharma Insan Pontianak dimaksudkan untuk lebih mendekatkan Akper dengan masyarakat, sehingga dapat dijangkau baik dari segi jarak maupun ekonomi yang memungkinkan bagi putra putri daerah untuk meningkatkan pengetahuannya.

Selain itu, Akper Dharma Insan juga dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga keperawatan yang profesional di unit-unit pelayanan kesehatan yang ada di bawah naungan Yayasan Dharma Insan dan institusi lain yang memerlukan.

  1. VISI MISI

1.      VISI

Menghasilkan Ahli Madya Keperawatan yang menjunjung tinggi sikap profesionalisme berdasarkan Cinta Kasih Kristiani.

    1. MISI

Untuk mencapai visi di atas, maka misinya adalah :
a.       Meningkatkan kualitas dan kuantitas Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
b.      Meningkatkan sumber daya tenaga Dosen baik kualitas maupun kuantitas.
c.       Meningkatkan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran yang sesuai kebuutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan Tehnologi.
d.      Mengembangkan kurikulum INSTITUSI YANG SESUAI PROGRAM UNGGULAN.
e.       Meningkatkan kesejahteraan pegawai yang mampu meningkatkan kinerja secara efektif dan efisiensi kerja.
f.       Meningkatkan hubungan kerjasama dengan instansi terkait.
g.      Sistem Rekruitmen calon yang berdasarkan kemampuan intelektual, bakat, dan potensial melalui persaingan bebas.
h.      Memperkenalkan dan menanamkan Cinta Kasih Kristiani dalam pembinaan Mahasiswa.

  1. TUJUAN INSTITUSIONAL

Mendidik Mahasiswa melalui proses belajar menyelesaikan kurikulum inti dan institusi, sehingga :

    1. Memiliki pengetahuan, ketrampilan dan sikap untuk melaksanakan Keperawatan profesional secara komprehensip.
    2. Memiliki motivasi untuk mengembangkan kepribadian dan sikap yang sesuai dengan etika profesi.
    3. Mengembangkan diri secara terus menerus untuk meningkatkan kemampuan profesional sesuai kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi.
    4. Memiliki jiwa dan sikap pengabdian terhadap sesama dengan berlandaskan Cinta Kasih Kristiani.


BAB  II

PROFIL AKPER DHARMA INSAN PONTIANAK

  1. DATA UMUM

     
Kode Institusi
610220033S
Jenjang
JPTD-III
Jenis Institusi
AKPER
Nama Institusi
AKPER DHARMA INSAN PONTIANAK
Alamat
JL. MERDEKA
Kabupaten/Kota 
PONTIANAK
Provinsi
KALIMANTAN BARAT
Kode Pos
78112
Nomor Telp./Fax
(0561) 733624/764259
Alamat Email
0
Nama Direktur
AGUSTINUS HS., SKM, M.Kes
Tgl. SK. Mulai Berlaku
9 – 12 - 2010
Status Pemilikan
Swasta
Tgl. SK. Pertama
25 – 2 – 2000
No. SK Pertama
HK.00.06.1.3.0504
Tgl. SK Terakhir
1 – 6 – 2004
No. SK Terakhir
HK.00.06.1.4.2.01825
Strata Akreditasi
B
Nilai Akreditasi
80.6
Tgl. SK Akreditasi
16 – 9 – 2004
No. SK Akreditasi
HK.00.06.2.2.01914
Tgl . Alih Kelola dari
Depkes  ke DIKTI  
2 – 3 - 2009
No. SK DIKTI
17/D/O/2009

  1. STRUKTUR ORGANISASI


SUSUNAN PENGELOLA
AKADEMI KEPERAWATAN DHARMA INSAN PONTIANAK

DIREKTUR                                             :  AGUSTINUS HS., SKM, M.Kes
PEMBANTU DIREKTUR I                     :  Ns. ELISABETH WAHYU S, S.Kep
KABAG ADM. AKDEMIK                     :  ELLY MARCE TITIHALAWA, SST
      PEMBANTU DIREKTUR II                    :  PELAPINA HERIANA, S.Kep.Ners
      KABAG. ADM. UMUM & KEPEG.       :  SUTARSO, SH
      KABAG. KEUANGAN                           :  HERONIUS, SE
      KABAG. RT/LOGISTIK                          :  YOHANES VIANY
      KABAG.INFORMASI & TEKNOLOGI  :  EXBERTUS, SH
PEMBANTU DIREKTUR III                    :  LAURENSIUS DENIEL, SKM
KABAG. ADM. KEMAHASISWAAN     : VERONIKA HERAWATI, S.KeP.Ners
C.     SEJARAH SINGKAT

1.       SPK DHARMA INSAN PONTIANAK.
               Sekolah Perawat Kesehatan Dharma Insan Pontianak adalah Lembaga Pendidikan dibidang  Keperawatan milik Keuskupan Agung Pontianak, yang dikelola  oleh Yayasan Dharma Insan Pontianak, didirikan pada bulan Juli 1984 dan mendapat ijin resmi dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia No. 109/KEP/DIKLAT/KES/84, tertanggal 18 Juli 1984.
                     Pada tahun 1997 mendapat hasil Akreditasi Strata B (nilai 76.48)  dari Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan  Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Sehingga mendapat perpanjangan ijin penyelenggaraan SPK Dharma Insan Pontianak selama 3 tahun dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia SK. NO. HK.00.06.1.1.3158, tertanggal 29 September 1997
                     Pada  tahun 1999 mendapat hasil Akreditasi Strata B (nilai 88.36) dari Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Republik Indonesia.  NO:HK.00.06.4.3.4089, tertanggal  14 Desember 1999.
                     Pada tahun 2000 mendapat Ijin Penyelenggaraan Akademi Keperawatan (AKPER)  Dharma Insan Pontianak berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia No: HK.00.06.1.3.0504, tertanggal 25 Pebruari 2000.     
                     Pada tahun 2004 mendapat hasil Akreditasi Strata B (nilai 80.6) dari Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia No. HK.00.06.2.2.01914, tertanggal 16 September 2004.
                     Alih kelola dari Depkes RI ke DIKTI Kementerian Diknas Tahun 2009 dan SK DIKTI No. 17/D/O/2009.

2.         AKADEMI KEPERAWATAN DHARMA INSAN PONTIANAK
Sesuai dengan Kebijaksanaan Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan,  dalam rangka meningkatkan peran institusi pendidikan kesehatan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya dibidang kesehatan, maka mulai tahun ajaran 2000-2001, Yayasan Dharma Insan Pontianak membuka Program Akademi Keperawatan (AKPER), dimaksud untuk memberi kesempatan kepada para lulusan SMA untuk menjadi Perawat yang profesional.
Penyelenggaraan program ini diharapkan dapat mengisi kebutuhan tenaga Perawat Profesional  khususnya bagi institusi kesehatan dibawah naungan Keuskupan Agung Pontianak dan Institusi lain baik Pemerintah maupun Swasta yang ada di Kalimantan Barat maupun diluar Kalimantan Barat  dari lulusan Akademi  Keperawatan.

3.        YAYASAN DHARMA INSAN
Yayasan Dharma Insan sebagai Pembina/Penanggung jawab Akademi Keperawatan Dharma Insan, didirikan dengan tujuan membantu pemerintah RI dan ikut berperan serta dalam pembangunan masyarakat seutuhnya dengan jalan :
1.            Melaksanakan karya pelayanan kesehatan.
2.    Menciptakan tenaga pelayanan kesehatan profesional melalui lembaga pendidikan Akademi Keperawatan.
Segala usaha yang dilakukan oleh Yayasan dilaksanakan berdasarkan Iman Katolik dan Cinta Kasih Kristiani, oleh sebab itu tugas Akademi Keperawatan Dharma Insan bukan saja mendidik tenaga profesional  tapi juga menumbuhkan dedikasi yang tinggi dengan semangat pengabdian kepada sesama manusia.


LAMBANG AKADEMI KEPERAWATAN DHARMA INSAN PONTIANAK





















KETERANGAN GAMBAR :
1.      Bagian atas : Gambar Tongkat  Gembala
Melambangkan bahwa  Akademi Keperawatan Dharma Insan siap melayani sesama baik dalam keadaan sehat maupun sakit dalam memenuhi kebutuhan kesehatan secara optimal, baik bio, psiko, sosial maupun spiritual.

2.      Sayap Burung
Melambangkan bahwa Roh Kudus menaungi dan memberi inspirasi  dalam misi pelayanan dibidang kesehatan.

3.      Ular Berbisa
Melambangkan bahwa pelayanan yang diberikan baik secara bio, psiko, sosial maupun spiritual akan dapat menyembuhkan seseorang secara optimal.

4.      Salib
Terdapat ditengah-tengah melambangkan bahwa kegiatan pelayanan didasarkan atas Cinta Kasih terhadap sesama dimana Salib yang dimaksud merupakan inti dari kegiatan pelayanan kesehatan secara keseluruhan.
  1. PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

1.      Peserta didik
      Peserta didik pada tahun ajaran 2010/2011 semester ganjil adalah    
      sebagai berikut :
                              
No.
Tingkat
L
P
Jumlah
Keterangan
1.
I
71
49
120

2.
II
46
58
104

3.
III
50
54
104

T o t a l
167
161
328


2.      Kurikulum

1.  Tujuan.
Penyelenggaraan Pendidikan Diploma III Keperawatan bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli madya bidang Keperawatan yang :
a.       Mampu melaksanakan pelayanan keperawatan profesional dalam suatu sistem pelayanan kesehatan sesuai kebijaksanaan umum pemerintah yang berlandaskan Pancasila, khususnya pelayanan dan/atau asuhan keperawatan kepada individu, keluarga dan komunitas berdasarkan kaidah-kaidah keperawatan.
b.      Mampu menunjukkan sikap kepemimpinan dan bertanggung jawabdalam mengelola asuhan keperawatan
c.       Mampu berperan serta dalam kegiatan penelitian dalam bidang keperawatan dan menggunakan hasil penelitian serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan mutu dan jangkauan pelayanan/asuhan keperawatan.
d.      Mampu berperan serta aktif dalam mendidik dan melatih pasien.
e.       Mampu mengembangkan  diri secara terus menerus untuk meningkatkan kemampuan profesi

2.      Lama Pendidikan  dan  Gelar Kelulusan.
Mahasiswa Program Diploma III keperawatan memerlukan waktu 6 (enam) semester ntuk menyelesaikan 108 SKS Kurikulum Nasional (KURNAS) ditambah 2 SKS Kurikulum Institusi (KURIN)  dengan gelar Ahli Madya Keperawatan.
Batas waktu untuk menyelesaikan Program Pendidikan Diploma III Keperawatan adalah 6 – 10 semester (sesuai SK Mendikbud. No.056/4/1994, tanggal 19 Maret 1994.






3.      Struktur Program Pendidikan.

 

STRUKTUR PROGRAM SEMESTER I



NO

MATA AJARAN
BEBAN STUDI

JML

     PENGALAMAN BELAJAR
PBC
PBD
PBP
PBK
PBL
1
Ilmu Alam Dasar
2
1
-
1
-
-
2
Anatomi
2
1
-
1
-
-
3
Fisiologi & Biokimia
3
2
-
1
-
-
4
Konsep Dasar Keperawatan I
6
2
1
3
-
-
5
Kebutuhan Dasar Manusia I
4
2
-
2
-
-
6
Psikologi
2
1
-
1
-
-
7
Agama
2
1
-
1
-
-

Jumlah Kredit Semester
  21
  10
1
10
-
-

 

STRUKTUR PROGRAM SEMESTER II



NO

MATA AJARAN
BEBAN STUDI

JML

    PENGALAMAN BELAJAR
PBC
PBD
PBP
PBK
PBL
1
Etika Keperawatan
4
2
-
2
-
-
2
Pancasila dan Kewarganegaraan
2
1
1
-
-
-
3
Mikrobiologi & Parasitologi
2
1
-
1
-
-
4
Sosiologi
2
1
-
1
-
-
5
Ilmu Gizi
2
1
-
1
-
-
6
Patologi
2
1
-
1
-
-
7
Kebutuhan Dasar Manusia II
4
1
-
3
-
-
8
Farmakologi
2
1
-
1
-
-
9
Komunikasi
2
1
-
1
-
-

Jumlah Kredit Semester
  22
 10
1
 11
-
-















STRUKTUR PROGRAM SEMESTER III



NO

MATA AJARAN
BEBAN STUDI

JML

     PENGALAMAN BELAJAR
PBC
PBD
PBP
PBK
PBL
1
Keperawatan Profesional
2
1
1
-
-
-
2
Pendidikan Kesehatan
2
1
-
1
-
-
3
Dokumentasi Keperawatan
2
1
-
1
-
-
4
Keperawatan Medikal-Bedah I
5
3
-
3
-
-
5
Keperawatan Medikal-Bedah II
5
3
-
3
-
-
6
Keperawatan Komunitas
3
2
-
1
-
-
7
Caring
2
1
-
-



Jumlah Kredit Semester
  21
  11
1
6
-
-


STRUKTUR PROGRAM SEMESTER IV



NO

MATA AJARAN
BEBAN STUDI

JML

   PENGALAMAN BELAJAR
PBC
PBD
PBP
PBK
PBL
1
Keperawatan Medikal-Bedah III
5
2
-
3
-
-
2
Keperawatan Anak I
5
2
-
3
-
-
3
Keperawatan Matemitas I
4
2
-
2
-
-
4
Keperawatan Jiwa I
4
2
-
2
-
-

Jumlah Kredit Semester
  18
    8
-
 10
-
-

STRUKTUR PROGRAM SEMESTER V (PROFESI)



NO

MATA AJARAN
BEBAN STUDI

JML

   PENGALAMAN BELAJAR
PBC
PBD
PBP
PBK
PBL
1
Pengantar  Riset Keperawatan
2
1
-
-
1
-
2
Keperawatan Komunittas II
4
2
-
-
2
-
3
Keperawatan Jiwa II
2
-
-
-
2
-
4
Keperawatan Matemitas II
2
-
-
-
2
-
5
Keperawatan Medikal-Bedah IV
2
-
-
-
2
-
6
Keperawatan Anak II
2
-
-
-
2
-
7
Kepemimpinan & Manaj. Kepw.
2
1
-
1
-


Jumlah Kredit Semester
  14
4
-
1
  11
-

 


STRUKTUR PROGRAM SEMESTER VI (PROFESI)




NO

MATA AJARAN
BEBAN STUDI

JML

PENGALAMAN BELAJAR
PBC
PBD
PBP
PBK
PBL
1
Keperawatan Keluarga
3
1
-
1
-
1
2
Keperawatan Komunitas III
3
1
-
-
-
2
3
Keperawatan Gawat Darurat
3
1
-
1
1
-
4
Keperawatan Gerontik
2
1
-
-
-
1
5
Keperawatan Medikal-Bedah V
3
-
-
-
3
-

Jumlah Kredit Semester
  14
4
-
2
4
4


     
  
1.      Sistem Administrasi Pendidikan
Pengertian Sistem Kredit
Sistem kredit adalah suatu system penyelenggaraan pendidikan dimana beban studi peserta didik, beban kerja tenaga pengajar dan beban penyelenggaraan pendidikan suatu mata kuliah tertentu kesemuanya dalam kredit.

  1. Satuan Kredit Semester
Adalah satuan ukuran yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi peserta didik, besarnya pengetahuan atas keberhasilan usaha komulatif bagi suatu program tertentu, serta besarnya usaha penyelenggaraan pendidikan bagi perguruan tinggi dan tenaga pengajar.

     3.  Pembagian Kegiatan Studi Dalam Semester.
a.   Kegiatan Belajar mengajar 15 – 17 minggu pertemuan.
a.       UTS dilaksanakan 1 minggu.
b.      UAS dilaksanakan 2 minggu.

4.      Tujuan penerapan sistem SKS.
 a. Tujuan  Umum pendidikan yang berlandasan system SKS adalah untuk
     memungkinkan  penyajian program pendidikan yang bervariasi dan luwes.      
     Sehingga  memberi kessempatan yang luas kepada Mahasiswa untuk memilih 
     suatu paket studi yang akan membentuknya kearah suatu bidang tertentu sesuai
     dengan minat dan tuntutan pembangunan bangsa dan negara.
            b. Tujuan Khusus Pendidikan  yang berlandasan system SKS antara lain.
     1). Memberi kesempatan  kepada  mahasiswa yang cakap dan giat belajar untuk   
           dapat menyelesaikan studi tepat waktu.
     2). Mempermudah penyesuaian mata kuliah sesuai dengan perkembangan  
          masyarkat, ilmu dan teknologi.
     3). Memberi kemungkinan agar sistem evaluasi kemajuan peserta didik dapat 
          diseleng-garakan sebaik-baiknya.
     4). Sarana pendidikan dapat digunakan lebih efisien dan efektif.

   5.   Ciri – Ciri.
   Sistem kredit pada program pendidikan D III keperawatan memiliki cicr-ciri    
   Sebagai     berikut :
a. Setiap cabang ilmu atau mata kuliah diberi nilai kredit dalam satuan semester.
b.Besar kecilnya bobot SKS untuk masing-masing cabang ilmu atau mata kuliah yang berlainan  tidak selalu sama.
c. Besar kecilnya bobot SKS suatu mata kuliah tertentu sama sekali tidak mencerminkan penting tidaknya mata kuliah yang bersangkutan.
d. Besar kecilnya beban SKS untuk masing-masing cabang ilmu atau mata kuliah ditentukan atas dasar ruang lingkup dan jumlah bahan  ajar mata kuliah bersangkutan.

Serta waktu yang dibutuhkan untuk menguasainya, termasuk didalamnya adalah besarnya usaha untuk menyelesaikan tugas-tugas yang dinyatakan dalam Pengertian Sistem Kredit
Sistem kredit adalah suatu system penyelenggaraan pendidikan dimana beban studi peserta didik, beban kerja tenaga pengajar dan beban penyelenggaraan pendidikan suatu mata kuliah tertentu kesemuanya dalam kredit.

6. Satuan Kredit Semester
Adalah satuan ukuran yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi peserta didik, besarnya pengetahuan atas keberhasilan usaha komulatif bagi suatu program tertentu, serta besarnya usaha penyelenggaraan pendidikan bagi perguruan tinggi dan tenaga pengajar.

7.  Pembagian Kegiatan Studi Dalam Semester.
      a.   Kegiatan Belajar mengajar 15 – 17 minggu pertemuan.
  1. UTS dilaksanakan 1 minggu.
  2. UAS dilaksanakan 2 minggu.
b.                                                                                    d.   Minggu tenang 1 minggu.

8. Tujuan penerapan sistem SKS.
     a. Tujuan  Umum pendidikan yang berlandasan system SKS adalah untuk memungkinkan  penyajian program pendidikan yang bervariasi dan luwes. Sehingga  memberi kessempatan yang luas kepada Mahasiswa untuk memilih suatu paket studi yang akan membentuknya kearah suatu bidang tertentu sesuai dengan minat dan tuntutan pembangunan bangsa dan negara.

      b. Tujuan Khusus Pendidikan  yang berlandasan system SKS antara lain.
1). Memberi kesempatan  kepada  mahasiswa yang cakap dan giat belajar untuk dapat menyelesaikan studi tepat waktu.
2). Mempermudah penyesuaian mata kuliah sesuai dengan perkembangan masyarkat, ilmu dan teknologi.
3). Memberi kemungkinan agar sistem evaluasi kemajuan peserta didik dapat diseleng-garakan sebaik-baiknya.
4). Sarana pendidikan dapat digunakan lebih efisien dan efektif.

9.  Ciri – Ciri.
Sistem kredit pada program pendidikan D III keperawatan memiliki cici-ciri   Sebagai     berikut :
a.       Setiap cabang ilmu atau mata kuliah diberi nilai kredit dalam satuan semester.
b.      Besar kecilnya bobot SKS untuk masing-masing cabang ilmu atau mata kuliah yang berlainan  tidak selalu sama.
c.       Besar kecilnya bobot SKS suatu mata kuliah tertentu sama sekali tidak mencerminkan penting tidaknya mata kuliah yang bersangkutan.
d.      Besar kecilnya beban SKS untuk masing-masing cabang ilmu atau mata kuliah ditentukan atas dasar ruang lingkup dan jumlah bahan  ajar mata kuliah bersangkutan.
e.       Serta waktu yang dibutuhkan untuk menguasainya, termasuk didalamnya adalah besarnya usaha untuk menyelesaikan tugas-tugas yang dinyatakan dalam program perkuliahan , praktekum, praktek lapangan maupun tugas-tugas lain.
Jenis  dan nilai Kredit Pengalaman Belajar
            Pengalaman Belajar Ceramah (PBC) atau kuliah (K)
Pengalaman belajar ceramah (PBC) adalah kegiatan belajar mengajar yang bahan/pelajarannya disampaikan dengan cara lisan. Nilai kredit PBC ditentukan berdasarkan atas beban kegiatan yang mencakup tiga macam kegiatan per minggu selama satu satu semester yaitu tatap muka, kegiatan terstruktur dan mandiri.
Nilai 1 sks untuk PBC/K adalah bila tiap minggu selama satu semester dilakukan kegiatan pendidikan sebagai berikut :
1)      50 menit acara tatap muka terjadwal dengan peserta didik
2)      60 menit acara kegiatan pengajaran terstruktur, yaitu kegiatan studi yang tidak terjadwal tetapi direncanakan oleh dosen.
3)      60 menit acara kegiatan mandiri, yaitu kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara mandiri untuk mendalami, mempersiapkan atau tujuan lain sebagai tugas pendidikan.

a.                                                                   Pengalaman Belajar Diskusi (PBD)/Seminar (S)
Pengalaman belajar diskusi atau seminar adalah kegiatan belajar mengajar yang dikemukakan dalam diskusi kelompok.
Dalam pbd /s terjadi interaksi dan diskusi yang memungkinkan peserta didik mendapat pengalaman belajar konkrit dan aktif.
Nilai kredit 1 SKS pbd/s mencakup 3 jam interaksi dan diskusi perminggu selama satu semester.

      b.   Pengalaman Belajar Praktika (PBP ) atau praktek laboratorium ( L ).
            Menguji coba pengetahuan dan ketrampilan yang sudah diperoleh sebelumnya dengan cara demonstrasi, redemonstrasi dan atau simulasi. Pada pbd/1 proses belajar dapat Pengalaman belajar praktika ( PBP ) adalah kegiatan belajar mengajar di laboratorium yang memungkinkan peserta didik memperoleh pengalaman konkrit, terjadi secara mandiri ataupun melalui interaksi kelompok.
Nilai 1 sks pbp/L bila tiap minggu dalam satu semester dilakukan kegiatan sebagai berikut :
           1). 180 menit praktek terjadwal
           2). 60 menit kegiatan akademik terstruktur
           3). 60 menit kegiatan akademik mandiri
            Jika kegiatan akademik terstruktur dan mandiri tidak perrlu atau tidak dapat dijalankan pada program yang berintikan kegiatan praktikum, maka sebagai pedoman untuk menentukan nilai kredit 1 sks pbp dipakai lama waktu 3 – 4 jam kegiatan praktiikum terjadwal dilaboratorium setiap minggu selama satu semester.

      c.   Pengalaman belajar klinik ( PBK ) atau praktek klinik ( P ).
            Penglaman belajar klinik ( PBK ) memberi kesempatan belajar kepada peserta didik untuk mengalami dan mempraktekan serta mencoba secara nyata pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh pada setiap tahap pendidikan disertai sikap professional sesuai dengan profesinya. Penguasaan kognitif dan ketrampilan atau psikomotor dan sikap yang telah diperoleh serta dipelajari dan atau dipraktekan secara utuh di klinik.
            Nilai kredit 1 sks untuk PBK sama dengan kegiatan praktek klinik selama 4 – 5 jam per minggu selama satu semester.

      d.   Pengalaman belajar lapangan ( PBL ).
            Pengalaman belajar lapangan ( pbl ) memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami dan mempraktekkan serta mencoba secara nyata pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh pada setiap tahap pendidikan disertai sikap profesional sesuai dengan profesinya. Penguasaan kognitif, komunikasi dan ketrampilan atau psikomotor  yang telah diperoleh atau dipelajari dipraktekkan secara utuh dan menyeluruh di masyarakat.
            Nilai kredit 1 sks untuk pbl sama dengan kegiatan praktek lapangan selama 4 – 5 per minggu selama satu semester.

      e.   Penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI).
            Penyusunan karya tulis ilmiah adalah kegiatan belajar mengajar yang memberi kesempatan kepada peserta didik dalam mengungkapkan kemampuan penalaran secara komprehensif melalui tulisan sesuai dengan ruang lingkup dan tanggung jawab profesinya.
            Ketentuan yang berkaitan dengan karya tulis Ilmiah akan ditentukan kemudian.



f.  Program perkuliahan , praktekum, praktek lapangan maupun tugas-tugas lain.
1)      Jenis  dan nilai Kredit Pengalaman Belajar
2)      Pengalaman Belajar Ceramah (PBC) atau kuliah (K)
Pengalaman belajar ceramah (PBC) adalah kegiatan belajar mengajar yang bahan/pelajarannya disampaikan dengan cara lisan. Nilai kredit PBC ditentukan berdasarkan atas beban kegiatan yang mencakup tiga macam kegiatan per minggu selama satu satu semester yaitu tatap muka, kegiatan terstruktur dan mandiri.
Nilai 1 sks untuk PBC/K adalah bila tiap minggu selama satu semester dilakukan kegiatan pendidikan sebagai berikut :
3)      50 menit acara tatap muka terjadwal dengan peserta didik
4)      60 menit acara kegiatan pengajaran terstruktur, yaitu kegiatan studi yang tidak terjadwal tetapi direncanakan oleh dosen.
5)      60 menit acara kegiatan mandiri, yaitu kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara mandiri untuk mendalami, mempersiapkan atau tujuan lain sebagai tugas pendidikan.
6)      Pengalaman Belajar Diskusi (PBD)/Seminar (S)
Pengalaman belajar diskusi atau seminar adalah kegiatan belajar mengajar yang dikemukakan dalam diskusi kelompok.
Dalam pbd /s terjadi interaksi dan diskusi yang memungkinkan peserta didik mendapat pengalaman belajar konkrit dan aktif.
Nilai kredit 1 SKS pbd/s mencakup 3 jam interaksi dan diskusi perminggu selama satu semester.

      g.   Pengalaman Belajar Praktika (PBP ) atau praktek laboratorium ( L ).
            Menguji coba pengetahuan dan ketrampilan yang sudah diperoleh sebelumnya dengan cara demonstrasi, redemonstrasi dan atau simulasi. Pada pbd/1 proses belajar dapat Pengalaman belajar praktika ( PBP ) adalah kegiatan belajar mengajar di laboratorium yang memungkinkan peserta didik memperoleh pengalaman konkrit, terjadi secara mandiri ataupun melalui interaksi kelompok.
Nilai 1 sks pbp/L bila tiap minggu dalam satu semester dilakukan kegiatan sebagai berikut :
           1). 180 menit praktek terjadwal
           2). 60 menit kegiatan akademik terstruktur
           3). 60 menit kegiatan akademik mandiri
            Jika kegiatan akademik terstruktur dan mandiri tidak perrlu atau tidak dapat dijalankan pada program yang berintikan kegiatan praktikum, maka sebagai pedoman untuk menentukan nilai kredit 1 sks pbp dipakai lama waktu 3 – 4 jam kegiatan praktiikum terjadwal dilaboratorium setiap minggu selama satu semester.

      h.   Pengalaman belajar klinik ( PBK ) atau praktek klinik ( P ).
            Penglaman belajar klinik ( PBK ) memberi kesempatan belajar kepada peserta didik untuk mengalami dan mempraktekan serta mencoba secara nyata pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh pada setiap tahap pendidikan disertai sikap professional sesuai dengan profesinya. Penguasaan kognitif dan ketrampilan atau psikomotor dan sikap yang telah diperoleh serta dipelajari dan atau dipraktekan secara utuh di klinik.
            Nilai kredit 1 sks untuk PBK sama dengan kegiatan praktek klinik selama 4 – 5 jam per minggu selama satu semester.

      i.   Pengalaman belajar lapangan ( PBL ).
            Pengalaman belajar lapangan ( pbl ) memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami dan mempraktekkan serta mencoba secara nyata pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh pada setiap tahap pendidikan disertai sikap profesional sesuai dengan profesinya. Penguasaan kognitif, komunikasi dan ketrampilan atau psikomotor  yang telah diperoleh atau dipelajari dipraktekkan secara utuh dan menyeluruh di masyarakat.
            Nilai kredit 1 sks untuk pbl sama dengan kegiatan praktek lapangan selama 4 – 5 per minggu selama satu semester.

      j.   Penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI).
            Penyusunan karya tulis ilmiah adalah kegiatan belajar mengajar yang memberi kesempatan kepada peserta didik dalam mengungkapkan kemampuan penalaran secara komprehensif melalui tulisan sesuai dengan ruang lingkup dan tanggung jawab profesinya.
            Ketentuan yang berkaitan dengan karya tulis Ilmiah akan ditentukan kemudian.

1.  Lahan Praktek.
1.      Rumah Sakit Sto. Antonius Pontianak.
2.      Rumah Sakit Khusus Provinsi Kalimantan Barat.
3.      Rumah Sakit Jiwa Singkawang.
4.      Puskemas Jl. Jend. Urip Pontianak.
5.      Puskesmas Jl. Apel Pontianak.
6.      Puskesmas Perum I Pontianak.
7.      Klinik Bersalin yang ditunjuk Yayasan Dharma Insan Pontianak.
8.      Institusi Kesehatan lain dibawah naungan Keuskupan Agung Pontianak.

2.                                                                                                                                                                        Kegiatan ko Kurikuler
Kegiatan ko Kurikuler biasanya berupa study tour yang dilaksanakan setiap tahun
Pada tahun 2009/2010 Mahasiswa Akper Dharma Insan Pontianak melakukan kegiatan ko Kurikuler Ziarah Bulan Maria ke Gua Maria dan Taman Pasir Panjang Indah.

3.                                                                                                                                                                        Kegiatan Ekstra Kurikuler
a.       Mengikuti pertandingan olah raga dan kesenian dalam rangka HUT RSU St. Antonius Pontianak, Dies Natalis, antar Perguruan Tinggi kesehatan dan non kesehatan  dll.




E.     SUMBER DAYA MANUSIA.
  
1.      Dosen Tetap.
  
NO
NAMA DOSEN
LATAR BELAKANG/
AKTA
MATA AJARAN YANG DIAJARKAN
1.
Agustinus HS., SKM, M.Kes
- DIII Keperawatan
- S1 Kesmas
- S2 Promkes
- Akta IV
1. Promkes
2. Kep. Komintas I & II
2.
Antonius Jumadi, S.Kep. Ners
- DIII Keperawatan
- S1 Keperawatan
- Ners
- Pekerti
1. KDM I & II
2. Anatomi Fisiologi
3. KMB I, II, IV
4. Kep. Gerontik
5. Kep. Jiwa I, II
6. Seminar. Kep.
7. Kep. Profesional
8. Kep. Anak
9. KGD
3.
Ns. Elisabeth Wahyu
Savitri, S.Kep
- S1 Keperawatan
- Ners
- Pekerti
1. Konsep Dasar Kep
2. KMB I,II,III,IV
3. Kep & Manaj Kep.
4. Kep. Keluarga
5. Kep. Gerontik
6. Caring
7. KGD
8. Komunikasi Dlm. Kep
9. Dokomentasi Kep.
10. Kep. Komunitas I, II
4.
Ns. Sisilia Lily, S.Kep
- DIII Keperawatan
- S1 Keperawatan
- Ners
- Akta III

1. Konsep Dasar Kep
2. KMB I,II,III,IV
3. Kep Dan Maaj. Kep
4. Kep. Keluarga
5. Kep. Gerontik
6. Caring
7. Etika Keperawatan
8. Komunikasi Dlm Kep.
9. Kep. Profesional
10. KGD
5.
Elly M. Titihalawa, SST
- DIII Keperawatan
- DIV Kepwt. Dasar
- Akta III
1. Kep. Anak
2. Anatomi & Fisiolog
3. Biokimia
4. Komunikasi Dlm Kep..
5. Kep Dan Manaj. Kep.
6. Kep. Maternitas


6.
Laurensius Daniel, SKM
- DIII Keperawatan
- S1 Kesmas
- Akta III
1. KMB I, II, III, IV
2. Anatomi & Fisiologi
3. Prom. Kesehatan
4. Caring
5. Kep. Komunitas I, II
6. KGD
7.
Pelapina Heriana, S.Kep. Ners
- DIII Keperawatan
- S1 Keperawatan
- Pekerti
1. Kep. Manajemen
2. KDM I, II
3. KMB I, II, III, IV
4. Komunikasi Dlm Kep.
8.
Veronika Herawati, S.Kep. Ners
- DIII Keperawatan
- S1 Keperawatan
- Ners

1. KMB I, II, III, IV
2. Keperawatan Jiwa I, II
3. Kep. Dan Manaj. Kep
4. Kep. Profesional
5. Seminar Keperawatan
9.
Maria Goretik, AMd. Keb
- DIII Kebidanan     

1. Kep. Maternitas I, II
2. Kep. Anak I, II
3. KMB II, IV
4. KMD I, II
10.
Fransiska Romina, S.Kep. Ners
- S1 Keperawatan
- Ners
1. Kep. Materinitas I, II
2. Kep. Anak I, II
3. KMB I, II, III, IV
4. KDM I, II
11.
Yustina Riki N, S.Kep. Ners
- S1 Keperawatan
- Ners
1. Kep. Materinitas I, II
2. Kep. Anak I, II
3. KMB I, II, III, IV
4. KDM I, II
12.
Florida Listiva Punggus, S.Kep.Ners
- S1 Keperawatan
- Ners
1. Kep. Materinitas I, II
2. Kep. Anak I, II
3. KMB I, II, III, IV
4. KDM I, II
13.
Lydia Moji Lautan, S.Kep.Ners
- S1 Keperawatan
- Ners
1. Kep. Materinitas I, II
2. Kep. Anak I, II
3. KMB I, II, III, IV
4. KDM I, II
14.
Sr. Daria Tumin, SFIC, MAN
- Master Of Arts In  
   Nursing
1. KMB I, II, III, IV
15.
Lutfiaty Erfany, S.Kep. Ners
- DIII Keperawatan
- S1 Keperawatan
- Ners
1. KMB I, II, III, IV
16.
Klara Runita
- DIII Keperawatan
- S1 Keperawatan
- Ners
1. KMB I, II, III, IV
17
Hendrika Nurhayati, S.Kep. Ners
- DIII Keperawatan
- S1 Keperawatan
- Ners
1. KMB I, II, III, IV
18
A k u n, S.Kep. Ners
- DIII Keperawatan
- S1 Keperawatan
- Ners

1. KMB I, II, III, IV

2.      Dosen Tetap Tugas Belajar/Ijin Belajar
              
No.
Nama
Program
Th. Masuk
Th. Selesai
Tugas Belajar
1.
Tonalius
Prog. Studi Magister M. Kes  URINDO Jakarta
Sept 2009
Juni  2011
Ijin Belajar
1.
Elly Marce Titihalawa
STIKEP Muhammadiyah Ptk.
Sept 2010
Juli 2012

3.      Tenaga Dosen Tidak Tetap

No.
Nama
Latar Belakang Pendidikan
Unit Kerja
1.
Drs. Joein K. Legawa, SE
- PTIK & S1 Ekonomi
- Lemhanas/Kewiraan
Dosen UPB
Pontianak
2.
Drs. H. Chairul Fuad, M. Kes
- S1 Pendidikan
- Magister Kesehatan
Bapelkes Pontianak/ Kepala PKBI Kalbar
3.
Dr. Yuliana T., Sp.KK
Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin
RSSA Pontianak
4.
Dr. Abdul Salam Sp.PP
Spesialis Penyakit Paru
RSDS Pontianak
5.
Dr. John Hard, Sp.BS
Spesialis Bedah Saraf
RSDS Pontianak
6.
Dr. Ruddy. AT., Sp.PD
Spesialis Penyakit Dalam
RSSA Pontianak
7.
Dr. Suhatman Sp.M.
Spesialis Penyakit Mata
RSDS Pontianak
8.
Dr. Noviati, Sp.THT
Spesialis Penyakit THT
RSSA Pontianak

9.
Dr. Betty, Sp. JP
Spesialis Penyakit Jantung & Pembuluh Darah Spesialis Bedah Umum
RSDS Pontianak
10.
Dr. Joko T.Basuki, Sp.OG
Spesialis Obstetri & Gine-kologi

RSSA Pontianak
11.
Dr. Karida Salim
Dokter Umum
RSSA Pontianak
12.
Dr. Juntu, Sp.OG
Spesialis Obstetri & Gine-kologi
RSSA Pontianak
13.
Dwi Suseno, S.Kep. Ners
- S1 Keperawatan
RS. Khusus Prov. Ptk

14.
Dr. Sihabudin AR., Sp.M
Spesialis Mata

RSSA Ptk.
Pontianak
15.
Evi Muliati, MSc
Master Farmasi
Wiraswasta (Apotik Mandiri Pontianak)
16.
TIM UPT Bahasa UNTAN Pontianak
Bachelor in English
Bussiness
UPT Bahasa UNTAN Pontianak

17.
Surya Rusmanto, AMA
DIII Anatesi
RSSA Pontianak
18.
Antonius Pawi, AMA
DIII Anatesi
RSSA Pontianak
19.
Dr. Hengkie Aswarie, Sp.U
Spesialis Urologi
RSSA Pontianak
20.
Dr. Daunwati, M.Gizi
S2 Gizi
RSSA Pontianak
21.
Drs. Paulus Kota
S1 Filsafat Moral
Pastor Gereja
Katederal Pontianak
22.
Ir. L.D. Ranssa
S1 Teknik Sipil
SMU St. Asisi Ptk
23.
Adrianus, S.Si
S1 Ilmu Biologi
SMU St. Asisi Ptk
24.
Drs. Gasfar Deso Esso
S1 Pendidikan
Dosen UNTAN Ptk
25.
Dr. Charles Hutasoit, Sp.A
Spesialis Penyakit Anak
RSSA Pontianak
26.
Dr. Taswin Timbung, Sp.JP
Spesialis Penyakit Jantung & Pembuluh Darah
RSDS Pontianak
27.
A. Wina, S.Si.T, MMKes
Magister Manajemen Kesehatan
AKBID St. Benedicta Pontianak
28.
Dr. Sugeng K, Sp.BO
Spesialis Ortopendi
RS. Bhayangkara Ptk
29.
Imelda L., AMd. Keb.
DIII Kebidanan
RSSA Pontianak
30.
Theodora Dora, AMd. Keb.
DIII Kebidanan
RSSA Pontianak
31.
Susana. B, AMK
DIII Keperawatan
RSSA Pontianak
32.
Yulianti
DIII Keperawatan
RSSA Pontianak
33.
Yovan H., S.Ked,M.Biomed
Magister Biomedik
AKBID Panca Bhakti Pontianak
34.
Norbertus Priadi, S.Ag
S1 Agama
Guru SMA St.Paulus
35.
Dr. Adi Sudjatmiko, Sp.PK
Spesialis Patologi Klinik
RSSA Pontianak
36.
Dr. Jendaria T, Sp.PJ
Spesialis Penyakit Jiwa
RS Khusus Prov. Ptk.
37.
Petrus Budi R, APP, M.Kes
Magister Kesehatan
Dinkes Prov. Kalbar
38.
Surya Rusmanto, AMA
DIII Anetesi
RSSA Pontianak
39.
Antonius Pawi, AMA
DIII Anetesi
RSSA Pontianak
40.
Drs. Paulus Kota
S1 Filsafat Moral
Pastoral Gereja Katedral Pontianak
41.
Dr. Yustar Mulyadi, Sp.PD
Spesialis Penyakit Dalam
RSSA Pontianak
42.
Sri Wahyuni, AMd. Kep
DIII Keperawatan
RSSA Pontianak
43.
Dr. Titik Nurwahyuni W, Sp.S
Spesialis Saraf
RSDS Pontianak
44.
Drs. Philipus Mimin
S1 Pendidikan
Guru SMA
46
Imelda, SKM
S1 Kesmas

Dinkes Prov. Kalbar

47.
Lidia Lily, S.Si.T
DIV Kebidanan
AKBID Benedicta Pontianakj
48.
Susanna, SKM
S1 Kesmas
AKBID Benedicta Pontianak
49.
Agustina Nona, APP
DIV Kebidanan
AKBID Benedicta Pontianak
50.
S. Buaton, SIP
S1 Ilmu Politik & Sosial
SMA St. Petrus Ptk
      
4.      Tenaga Tata Usaha

No.
Nama
Latar belakang Pendidikan
Bidang Tugas
1.
Sutarso, SH
S1 Hukum
Ka.Bag. Adm. Umum & Kepegawaian
2.
Heronius, SE
S1 Ekonomi
Ka.Bag. Keuangan
3.
Yohanes Viany
STM
Ka.Bag. RT & Logistik
4.
Exbertus, SH
S1 Hukum
Ka.Bag.Info & Teknologi
5.
Marcelina, AMd
DIII Sekretaris
Staf Adm. Akademik
6.
Novita Faradilla Santi, S.Kom
S1 Manaj. Informatika
Staf Adm. Akademik
7.
Margaretha Lisa, AMd
DIII Manaj. Informatika
Staf Adm. Umum
8.
Elvina
SMA
Pelaksana Laboratorium
9.
Yakobus, SH
S1 Hukum
Petugas Perpustakaan
10.
Samuel Joko Prayitno
SMA
Pelaksana RT
11.
Sariah
SD
Pekarya RT
12.
Martina Enna
SD
Pekarya RT
13.
Rafika Gani
SMA
Satpam
14.
Stanislaus
SMA
Satpam
15.
Erman
SMP
Satpam
16.
Muliadi
SMP
Satpam

  1. SARANA DAN FASILITAS
1.      Tanah
a.       Luas tanah   : 22.400 m2 .
b.      Status tanah : Milik keuskupan Agung Pontianak.

2.      Kampus/Perkantoran
      Akademi Keperawatan Dharma Insan Pontianak memiliki 1 bangunan
      gedung Kampus/Perkantoran dengan keseluruhan 22.400 m2.
     
No.
Nama Ruang/Lokal
Ukuran
Kapasitas
Status
Ket.
1
Ruang Kuliah :





a. Ruang Kuliah IA
   100 m2
60 orang
Milik Sendiri
Full AC

b. Ruang Kuliah IB
100 m2
60 orang
Milik Sendiri
Full AC

c. Ruang Kuliah IIA
100 m2
60 orang
Milik Sendiri
Full AC

d. Ruang Kuliah IIB
100 m2
60 orang
Milik Sendiri
Full AC

e. Ruang Kuliah IIIA
100 m2
60 orang
Milik Sendiri
Full AC

f. Ruang Kuliah IIIB
100 m2
   60 orang
Milik Sendiri
Full AC
2
Ruang Kuliah Atas :
100 m2
   60 orang
Milik Sendiri
Full AC

a. Ruang Kuliah A
100 m2
   60 orang
Milik Sendiri
Full AC

b. Ruang Kuliah B
100 m2
   60 orang
Milik Sendiri
Full AC

c. Ruang Kuliah C
100 m2
   60 orang
Milik Sendiri
Full AC
3
Ruang Direktur
16 m2
10 orang
Milik Sendiri
Full AC
4
Ruang Pudir I
9 m2
5 orang
Milik Sendiri
Full AC
5
Ruang Pudir II
9 m2
5 orang
Milik Sendiri
Full AC
6
Ruang Pudir III
12 m2
8 orang
Milik Sendiri
Full AC
3
Ruang Tata Usaha
32 m2
15 orang
Milik Sendiri
Full AC
4
Ruang Dosen
76 m2
20 orang
Milik Sendiri
Full AC
5
Ruang Perpustakaan
146 m2
60 orang
Milik Sendiri
Full AC
6
Ruang Simulasi
268 m2
60 orang
Milik Sendiri
Full AC
7
Ruang Laboratorium
268 m2
60 orang
Milik Sendiri
Full AC
8
Ruang Rapat
60 m2
35 orang
Milik Sendiri
Full AC
9
Ruang Tamu
30 m2
15 orang
Milik Sendiri
Full AC
10
Ruang Gudang
100 m2

Milik Sendiri
Full AC
11
Auditorium
200 m2
300 orang
Milik Sendiri
Full AC

3.      Bangunan Asrama

No
Nama Asrama
Luas
Kapasitas T. Tidur
1.
Asrama Putri I
200 m2
100
2.
Asrama Putri II
200 m2
100
3.
Kantin I
50 m2

4.
Kantin II
50 m2


4.      Fasilitas Perkantoran

No
Jenis Fasilitas
Jumlah
Kondisi
1
Komputer
9 Unit
Baik
2
Mesin Stensil
1 Unit
Baik
3
Mesin Ketik
2 Unit
Baik
4
Telepon
1 Unit
Baik
5
Kulkas
1 Unit
Baik
6
Kipas angin
20 unit
Baik
7
Filling Kabinet
9 Unit
Baik
8
Meja/kursi kantor
25 Unit
Baik


    1. Sarana Penunjang PBM

No
Jenis ABBM
Jumlah
Keterangan/Kondisi
1
Over Head Projector
4 unit
Baik
2
Pengeras Suara/Toa
4 unit
Baik
3
Wirelas
4 unit
Baik
4
White Baord
8 unit
Baik
5
Laptop
5 unit
Baik
6
Innfocus
5 unit
Baik
7
Televisi
     1 unit
Baik
8
Salon/Speker
6 unit
Baik
9
Fantom Multi User
4 unit
Baik
11
Fantom Anatomi Rangka
4 unit
Baik
12
Fantom Kebidanan
5 unit
Baik
13
Fantom Resusitasi dewasa/anak
3 unit
Baik
14
Fantom Organ-organ Tubuh
8 unit
Baik
15
Alat Pratikum Klinik
1 unit
Cukup memadai baik
16.
E K G
4 set
Baik
17.
Oksigen
4 set
Baik
18.
Isap Slym
3 set
Baik
19.
Nebulizer
3 set
Baik
20.
Set Minor
4 set
Baik
21.
Kursi roda
6 buah
Baik
22.
Belangkar
2 buah
Baik
23.
Kruk
3 set
Baik


6.      Sarana Tranfortasi
   Kendaraan yang dimiliki 2 buah mobil Mitsubisi  L.300.

7.      Prasana institusi
a.       Lapangan Olah Raga
- Lapangan Volly Ball    : 1, dengan ukuran 18 x 9 m (126 m2)
- Lapangan Badminton  : 1, dengan ukuran 12 m x 12 m x 6 m (72 m2)
b.      Lapangan Upacara         : Luas 40 m x 30 m (1200m2)

  1. PENDANAAN

Sebagai sumber utama biaya penyelenggaraan Pendidikan Akper Dharma Insan Pontianak adalah swadana mahasiswa berupa Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) yang besarnya disesuaikan dengan kebutuhan/inflasi. Sedangkan dana cadangan untuk penyelenggaraan pendidikan disimpan dalam bentuk deposito di Bank Mandiri.

  1. BUKU PUSTAKA

Sampai akhir tahun 2010, buku pustaka yang dimiliki Akper Dharma Insan Pontianak 4.042 eksemplar yang terdiri dari 1.063 judul buku baik dalam bahasa Inggris maupun dalam bahasa Indonesia.
Dari jumlah 4.042 eksemplar buku atau 1.063 judul buku yang ada jika dikelompokan menurut standar ABBM yang dikeluarkan oleh Pusdiknakes, maka gambaran kepustakaan yang dimiliki Akper Dharma Insan Pontianak saat ini adalah :
1. Kelompok MKK sebanyak 2.736 Eksemplar dan 756 judul
2. Kelompok MPDK sebanyak 241 Eksemplar dan 104 judul
3. Kelompok MPDU sebanyak 1.065 Eksemplar dan 203 judul
4. Majalah 201  Judul 410  eksemplar



  1. PERALATAN LABORATORIUM DAN SIMULASI

1.      Peralatan laboratorium
      Jika mengacu pada standar ABBM yang dikeluarkan Pusdiknakes, peralatan
      Laboratorium yang dimiliki Akper Dharma Insan Pontianak sudah memadai.
   
2.      Peralatan Simulasi/Visualisasi
Jika mengacu pada standar Sistem Informasi pendidikan Tenaga Kesehatan (SIPTK) yang dikeluarkan oleh Pusdiknakes, Keberadaan peralatan Simulasi/Visualisasi Klinik kami anggap sudah cukup memadai .

  1. PEMBERDAYAAN LULUSAN

Akademi Keperawatan Dharma Insan Pontianak telah meluluskan 8 angkatan :

DAFTAR JUMLAH LULUSAN SBB :

NO.
TAHUN
LULUSAN
JUMLAH
LAKI-LAKI
PEREMPUAN
1.
2003
9
29
38
2.
2004
18
29
47
3.
2005
7
44
51
4.
2006
12
37
49
5.
2007
16
31
47
6.
2008
17
38
55
7.
2009
18
47
65
8.
2010
26
68
94
T o t a l
123
323
446

Sebagian besar lulusan Akper Dharma Insan didayakan di RS Santo Antonius Pontianak, sebagaian lagi di Pegawai Negeri dan di RS/Klinik Swasta lainnya.

            Demikian Profil Akper Dharma Insan ini kami sampaikan dengan harapan kiranya apa yang telah kami jelaskan dapat menjadi pendukung atau bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan penyelenggaraan Akper Dharma Insan Pontianak.
           
Pontianak, 24 Maret 2011
Direktur Akper Dharma Insan Pontianak



AGUSTINUS HS., SKM, M.Kes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar